Studi Pengelolaan Program Imunisasi BCG Pada Anak Usia 0-11 Bulan Di Kota Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur (Penelitian Cross Sectional)

Elias Singga (2004) Studi Pengelolaan Program Imunisasi BCG Pada Anak Usia 0-11 Bulan Di Kota Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur (Penelitian Cross Sectional). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
ELIAS SINGGA.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam Pelaksanaan program imunisasi BCG pada anak usia 0-11 bulan, banyak factor yang mendukung serta sangat menentukan keberhasilan yang dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi Tuberkulosis. Faktor-faktor yang berpengaruh adalah : penyimpanan vaksin, system cold chain, screening anak untuk imunisasi BCG, persiapan untuk pelaksanaan imunisasi dan teknik peinberian imunisasi, semua dilakukan dengan baik dan benar. Dan apabila kelima factor yang disebutkan diatas tidak dilakukan dengan baik dan benar, tidak akan memberikan hasil atau tidak memberikan perlindungan anak dari infeksi Tuberkulosis. Tujuan ini untuk mempelajari cara pelaksanaan mengelola program imunisasi BCG pada anak usia 0-11 bulan di seluruh puskesmas se Kodya Kupang. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Analitik Cross Sectional. Sampel diambil dari pelaksana program imunisasi BCG anak usia 0-11 bulan di Kodya Kupang Propinsi NTT dengan besar sample 33 orang. Pada penelitian ini penentuan besar sample menggunakan teknik total sampling. Pengolahan data menggunakan uji statistik Chi-square dengan tingkat signifikan <0.05. Dari analisis uji chi-square terbadap 4 komponen didapatkan : cara penyimpanan vaksin BCG p=0.000, pengelolaan system cold chain p=0.024, persiapan pelaksanaan imunisasi p=0.000, teknik pemberian imunisasi p=0.000 dan proses screening sasaran imunisasi BCG di Dinas Kesehatan Kodya Kupang sudah sesuai dengan standar yaitu 100. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pengelola program imunisasi BCG anak usia 0-11 bulan belum optimal. Disarankan yang sudah cukup baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan df:ahun-tahuan mendatang. Para pelaksana program perlu diberi reward berupa pemberian insentif/honor, serta perlu ditingkatkan sumber daya pelaksana pengelola program melalui pelatihan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan juga perlu dilakukan supervisi ketat oleh penanggung jawab program, dan bila ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan, dapat segera dianjurkan untuk perbaikan, sehingga mutu pelayanan imunisasi BCG anak 0-11 bulan benar-benar memberikan perlindungan terhadap infeksi tuberculosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Imunisasi BCG
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Elias SinggaNIM010310388 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorI Ketut SudianaNIDN0005075507
ContributorReni Prima GustiNIDN-
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:27
Last Modified: 21 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item