Pemanfaatan Minyak Atsiri Daun Legundi Sebagai Pengusir Beberapa Serangga Yang Merupakan Vektor Penyakit Pada Ternak Ruminansia

Erma Safitri, - (1994) Pemanfaatan Minyak Atsiri Daun Legundi Sebagai Pengusir Beberapa Serangga Yang Merupakan Vektor Penyakit Pada Ternak Ruminansia. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
ERMA SAFITRI 068911541`.pdf

Download (26MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh larutan minyak atsiri daun Legundi (Vitex trifolia) yang dilarutkan dalam alkohol 50 persen sebagaipengusir beberapa serangga yang merupakan vektor penyakit pada ternak ruminansia . Sejumlah 210 ekor tiap-tiap spesies serangga yang diteliti (Stomoxys calcitrans~ Haematobia irritans~ Musca domestica~ Lucilia sericata~ Culex sp. dan Aedes aegypti) asal peternakan sekitar Surabaya mendapat perlakuan berupa penyemprotan minyak atsiri daun Legundi dengan tujuh tingkat konsentrasi (0%, 1%, 2%, 4%, 6%, 8%, 10%). Dari 210 ekor tiap-tiap spesies serangga yang diteliti,kemudian diambil masing-masingspesies sejumlah 30 ekor untuk setiap tingkat konsentrasi. Berdasarkan analisis statistik dengan uji F ternyata minyak atsiri daun Legundi berpengaruh sangatnyatasebagai senyawa pengusir terhadap spesies-spesies yang diteliti. Tingkat konsentrasi minyak atsiri daun Legundi sebagai senyawa pengusir pada tiap spesies berbeda-beda. Sebagai senyawa pengusir terhadap Musca domestica, Lucilia sericata, Aedes aegypti dan Haematobia irritans adalah dimulai pada konsentrasi 1%, sedangkan mulai konsentrasi 2% terhadap Stomoxys calcitrans dan Culex sp .. Berdasarkan hasil penelitian ini, minyak atsiridaun Legundi dapat digunakan sebagai senyawa pengusir serangga ataupun insektisida. Perlu diupayakan pembudidayaan tanaman Legundi di sekitar peternakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Erma Safitri, -068911541
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerman Setyono, --
Thesis advisorBambang Poernomo, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:22
Last Modified: 22 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132301
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item