Dampak Pembelajaran Pre-Operasi Terhadap Kepatuhan Klien Untuk Melakukan Latihan Pada Post Operasi Di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya

Elly M. Titihalawa (2001) Dampak Pembelajaran Pre-Operasi Terhadap Kepatuhan Klien Untuk Melakukan Latihan Pada Post Operasi Di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
ELLY M TITIHALAWA 200120240304 sdh.pdf

Download (16MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tindakan pembelajaran pre operasi penting dilakukan oleh perawat terhadap klien yang akan menjalani pembedahan sehingga pasien mempunyai pengetahuan tentang apa yang harus ia lakukan setelah pembedahan serta memahami maksud dan tujuan dan akhirnya klien mau melakukan pembelajaran tersebut pada post operasi, dengan demikian klien terhindar dari resiko tinggi seperti komplikasi pulmonal, nyeri pada luka operasi, lepasnya jahitan luka operasi, perdarahan serta kekakuan pada sendi pasca bedah. Tujuan penelitian ini adalah melihat tingkat kepatuhan klien pada post operasi sebagai dampak dari pembelajaran pre operasi yang diberikan sebelum pembedahan dilakukan. Desain penelitian ini menggunakan metode experimen. Sampel diambil dari klien yang akan dilakukan pembedahan dengan menggunakan general anesthesi dan tidak mengalami peningkatan tekanan intra kranial dan peningkatan tekanan intra okuler pasca bedah di Ruang Irna Bedah C dan D RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan besar sampel 21 responden. Pengolahan data menggunakan uji statistik product moment dengan tingkat signifikan 5%. Dari hasil uji product moment didapatkan adanya hubungan yang erat antara pembelajaran pre operasi dengan tingkat kepatuhan klien yakni harga hitung 1,0043 > dari harga tabel 0,444. Kesimpulan penelitian adalah sangat tingginya tingkat kepatuhan klien terjadi akibat dampak dari pembelajaran pre operasi yang diberikan dengan benar. Disarankan agar perawat dalma memberikan pembelajaran pre operasi kepada klien hendaknya dilakukan dengan benar oleh sebab belajar hanya mungkin terjadi apabila klien mengalaminya sendiri dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepatuhan klien
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Elly M. TitihalawaNIM010010210 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorPurwaningsihNIDN0021106603
ContributorI.K. SudianaNIDN0005075507
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:58
Last Modified: 22 Mar 2024 04:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132316
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item