Pelatihan Teknologi Pendinginan dan Pengawetan Ikan Pasca Tangkap di Laut untuk Meningkatkan Kualitas Produk Ikan di Desa Sedayu Lawas, Kec. Brondong Kab. Lamongan

Juni Triastuti (2004) Pelatihan Teknologi Pendinginan dan Pengawetan Ikan Pasca Tangkap di Laut untuk Meningkatkan Kualitas Produk Ikan di Desa Sedayu Lawas, Kec. Brondong Kab. Lamongan. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
11. LP-JUNI TRIASTUTI MSI MPSI.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Masyarakat Desa Sedayu Lawas, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan sebagian besar hidup sebagai nelayan kecil dan memiliki modal yang lemah. Hal ini mendorong nelayan untuk menekan biaya produksi dengan penggunaan alternatif yang tidak dibenarkan, bahkan membahayakan. Salah satu hal yang sudah cukup lama dilakukan adalah penggunaan formalin untuk proses pengawetan ikan pasca panen selama di laut. Hasil tangkapan nelayan selain dipasarkan segar, juga diolah menjadi berbagai produk olahan yang dalam prosesnya sering menggunakan bahan-bahan additif yang tidak diijinkan sehingga menjadi tidak sehat dan tidak aman untuk dikonsumsi. Penggunaan formalin sebagai bahan pengawet walaupun hanya sebatas pasca panen, tentunya akan membahayakan kesehatan, apalagi bila dikonsumsi terus menerus. Sampai saat ini, ikan merupakan sumber protein hewani yang baik dengan harga terjangkau sehingga ikan merupakan sumber protein alternatif yang menjadi pilihan masyarakat luas termasuk masyarakat ekonomi lemah. Penggunaan bahan additif tersebut akan menimbulkan keraguan bagi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan hasil olahannya. Dalam jangka panjang dapat menurunkan omset penjualan bahkan tingkat pendapatan nelayan. Secara umum, pelaksanaan kegiatan tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga berjalan sesuai harapan. Terjadi peningkatan pengetahuan para nelayan tentang berbagai upaya penanganan atau pengawetan ikan pasca panen di laut. Perlu upaya tindak lanjut terhadap pengetahuan dan kesadaran para nelayan dalam menghasilkan produk yang sehat. Hal ini penting dilakukan mengingat kesadaran dan pengetahuan perlu dipupuk terus menerus untuk mengahadapi situasi dan kondisi yan selalu berkembang. Tingginya kesadaran dan pengetahuan akan mendorong mereka untuk tetap memegang tanggung jawab profesi dalam menghasilkan produk yang dikonsumsi masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Pendingin, Pengawetan Ikan, Kualitas Produk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Juni Triastuti-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:33
Last Modified: 22 Mar 2024 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item