Studi Tentang Pelaksanaan Terapi Aktivitas Kelompok: Sosialisasi di Ruang Model Pelayanan Keperawatan Profesional (MPKP) Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Kawit Andaryaniwati (2003) Studi Tentang Pelaksanaan Terapi Aktivitas Kelompok: Sosialisasi di Ruang Model Pelayanan Keperawatan Profesional (MPKP) Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
18. KAWIT ANDARYANIWATI_20240307_10084371.pdf

Download (38MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelompok yang terdiri dari banyak orang atau individu yang mempunyai hubungan satu sama lain, saling bergantung satu sama lain mempunyai suatu norma. Terapi Kelompok Sosialisasi yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien yang mempunyai masalah sosialisasi dengan menggunakan kelompok dinamis. Sosialisasi Terapi Kelompok ini dilaksanakan di Bangsal Perkutut dan Bangsal Seruni RSJ Negeri Lawang RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat. Sebagian besar klien yang mempunyai masalah sosialisasi dirawat di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang Socialized Group Therapy di Kelurahan Perkutut dan Kelurahan Seruni. Jumlah sampel sebanyak 29 responden yang diambil sesuai kriteria inklusi: perawat lulusan D.III, perawat yang pernah mengikuti pelatihan atau mempunyai pengalaman Socialized Group Therapy. Sedangkan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling, instrumen menggunakan kuesioner. Desain penelitian ini adalah deskriptif yang menggambarkan bagaimana Sosialized Group Therapy dilaksanakan di Bangsal Perkutut dan Bangsal Seruni Lawang RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat. Hasil penelitian menunjukkan Sosialized Group Therapy di Bangsal Perkutut dan Bangsal Serum RSJ Negeri Dr. Radjiman Wediodiningrat sangat baik. Begitulah, peran perawat sebagai pelaksana kegiatan Socialized Group Therapy yang bergantung pada proses keperawatan yang dilakukannya sehari-hari. Sehubungan dengan itu, seorang peneliti mempunyai keterbatasan dalam kemampuannya khususnya mengumpulkan berkas-berkas kuesioner yang telah dijawab oleh pengaruh perilaku dan harapan pribadinya secara subyektif, sehingga hasilnya tidak dapat direpresentasikan secara kwalitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi , Pelayanan Keperawatan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Kawit AndaryaniwatiNIM010110327-R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Widodo-
Thesis advisorAchmad Yusuf-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:14
Last Modified: 22 Mar 2024 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132351
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item