MYIASIS PADA SAPI POTONG DI CV. IDA JAYA DESA SUKOWATI KAPAS-BOJONEGORO

DA'INURRITUS KUSUMANINGRUM, - (2005) MYIASIS PADA SAPI POTONG DI CV. IDA JAYA DESA SUKOWATI KAPAS-BOJONEGORO. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
DA'INURRITUS KUSUMANINGRUM_060210590K.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sehubungan dengan pentingnya kebutuhan akan nilai gizi, khususnya protein hewani maka dikembangkan suatu usaha petemakan yaitu petemakan sapi potong yang merupakan penghasil daging yang kaya akan protein hewani. Usaha petemakan tidak selalu berjalan lancar antara lain sering timbul berbagai macam kasus-kasus penyakit, yang merupakan kendala dalam memperoleh keuntungan dari usaha di bidang petemakan. Penyakit yang menyerang hewan-hewan temak yang dipelihara dapat menimbulkan kerugian ekonomis bagi petemak pemilik petemakan. Kerugian yang diderita diantaranya berupa penurunan nafsu makan karena hewan gelisah akibat rasa gatal yang diderita pada luka, penurunan berat badan, pertumbuhan yang terhambat, serta yang paling mengenaskan adalah kematian pada temak. Kasus penyakit yang menjadi topik bagi Tugas Akhir ini adalah kasus penyakit myiasis yang menyerang sejumlah temak sapi potong di CV IDA JAY A Bojonegoro. Kontrol kesehatan yang kurang dapat menimbulkan suatu penyakit seperti ini. Dalam hal ini peternak sebagai pemilik peternakan diharapkan mampu melakukan tindakan pencegahan terhadap timbulnya suatu penyakit dalam peternakan sebelum penyakit tersebut menyerang ternak mereka sendiri. Karena banyaknya kasus penyakit myiasis yang menyerang sapi potong di cv. IDA JAY A maka penulis mengangkat permasalahan penyakit myiasis serta cara penanganannya. Sebagai salah satu syarat kelulusan dari Program Studi Diploma Tiga Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: Myiasis, Sapi Potong, CV Ida Jaya
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
DA'INURRITUS KUSUMANINGRUM, -060210590K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRoesno Darsono, DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:48
Last Modified: 25 Mar 2024 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132357
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item