Analisis Kualitas Fisik Lingkungan Berdasarkan Ikl Pada Sekolah Di Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto

Firman Cahyo Nugroho, - (2023) Analisis Kualitas Fisik Lingkungan Berdasarkan Ikl Pada Sekolah Di Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto. Technical Report. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (Fulltext)
36. Laporan Magang MBKM By Design_Firman Cahyo Nugroho.pdf

Download (12MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Daerah tingkat Provinsi yang bergerak dibidang kesehatan. Salah satu program untuk menunjang meningkatnya taraf kesehatan di masyarakat adalah inspeksi kesehatan lingkungan terkait tempat fasilitas umum di masyarakat. Di Jawa Timur, sudah memenuhi target terkait inspeksi kesehatan lingkungan yaitu sekitar pada angka 86% yang dimana sudah melampaui terget dari pusat untuk tahun 2023 yaitu 70% untuk TFU yang diprioritaskan. TFU yang diprioritaskan adalah puskesmas, pasar, dan juga sekolah Kota mojokerto merupakan salah satu kota yang melaksanakan IKL dengan mencapai nilai 100% per November pada tahun 2023. Akan tetapi 66% masih belum memenuhi syarat salah satunya untuk TFU pada sekolah masih diangka 35% yang masih belum memenuhi syarat. Contohnya adalah pada Kecamatan Prajurit Kulon tepatnya di Kelurahan Surodinawan yaitu MIS Nurul Huda, MTS Nurul Jadid, SD Mambaul Ihsan, SD Negeri Surodinawan, dan SMP Mambaul Ihsan. Dari 5 sekolah tersebut hanya ada 1 yang memenuhi syarat IKL pada TFU Sekolahnya. Kebanyakan dari sekolah sekolah ini yang masih belum memenuhi syarat adalah karena ada variabel penilaian wajib yang belum terpenuhi meskipun variabel yang lain sebagian besar sudah terpenuhi untuk TFU Sekolah. Seperti pada variabel pH Air, Pencahayaan pada ruang kelas, kawasan lingkungan sekolah yang bebas rokok, atau Angka Bebas Jentik (ABJ) pada lingkungan sekolah yang dapat menimbulkan penyakit seperti diare, gangguan penglihatan, hingga penyakit paru paru. Sehingga perlu adanya tindak lanjut untuk mengatasi hal tersebut mengingat sekolah merupakan TFU prioritas yang berisi anak anak yang merupakan kelompok rentan dikarenakan berbagai faktor.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Fisik Lingkungan, Ikl, Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3201-3325 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Firman Cahyo Nugroho, -NIM102011133142
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:40
Last Modified: 22 Mar 2024 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item