Laporan MBKM By Design FKM UNAIR PT Petro Jordan Abadi, Surabaya : Gambaran Kebisingan Pada Sulfurid Acid Plant PT Petro Jordan Abadi

Sofa Rofiqoh Al Fajr, - (2023) Laporan MBKM By Design FKM UNAIR PT Petro Jordan Abadi, Surabaya : Gambaran Kebisingan Pada Sulfurid Acid Plant PT Petro Jordan Abadi. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (LAPORAN MBKM)
SOFA ROFIQOH AL FAJRI_102011133261_LAPORAN MBKM BY DESIGN FKM UNAIR_PT PETRO JORDAN ABADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Petro Jordan Abadi adalah salah satu Industri yang bergerak dalam dunia manufaktur bidang kimia. Pabrik PT Petro Jordan Abadi terdiri dari 2 pabrik asam fosfat, pabrik asam sulfat & utility, dan pabrik WWT & purifikasi. PT Petro Jordan Abadi memproduksi asam sulfat, asam fosfat, purified gypsum, dan asam Flusilikat. Sulfurid Acid Plant merupakan salah satu unit yang dimiliki PT Petro Jordan Abadi, pada lokasi kerja ini terdapat salah satu sumber kebisingan yang diindikasikan melebihi Nilai Ambang Batas (NAB) yakni pada area Blower. Berdasarkan hasil pengukuran intensitas kebisingan mengggunakan saound level meter yang dilengkapi fasilitas Leq TS-Quest di area SA Plant, didapatkan hasil pengukuran tingkat kebisingan terendah sebesar 80,1 dB di area mesin pompa. Dan tingkat kebisingan tertinggi di area blower dengan nilai 102,4 dB. Sehingga jika dibandingkan dengan Nilai Ambang Batas (NAB) yang dirujuk dengan Peraturan Mentri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2018 pasal 1 ayat 7 tentang Nilai Ambang Batas terdapat beberapa area SA Palnt yang melebihi Nilai Ambang Batas (NAB) yaitu 85 dB. Sehingga membutuhkan upaya pengendalian dengan menerapkan konsep hierarcy of control yang terdiri dari eliminasi, substitusi, rekayasa Teknik, pengendalian Administasi, dan penggunaan APD berupa earmuff dan earplugs.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Sofa Rofiqoh Al Fajr, -NIM102011133261
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 22 Mar 2024 11:42
Last Modified: 22 Mar 2024 11:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132367
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item