Laporan Pelaksanaan Magang Di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga : Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga Antara Pasien BPJS Dan Non BPJS Periode April 2021

Wardatul Raihan, - (2021) Laporan Pelaksanaan Magang Di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga : Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga Antara Pasien BPJS Dan Non BPJS Periode April 2021. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (LAPORAN MAGANG)
Wardatul Raihan_101711133032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama awal tahun 2021 (dari 1 Januari – 28 April 2021) total jumlah kunjungan di PLK Universitas Airlangga yaitu sebanyak 5265 kunjungan (2906 kunjungan PLK B dan 2359 kunjungan PLK C), dengan persentase kunjungan terbesar yaitu oleh pasien BPJS kesehatan. Jumlah pasien di PLK B yaitu sebanyak 2888 pasien dan di PLK C sebanyak 2339 pasien selama periode waktu 1 Januari – 27 April 2021, persentase pasien di PLK B lebih besar dibandingkan pasien di PLK C. Berdasarkan jenis kelaminnya, persentase pasien perempuan (54,8%) lebih besar daripada pasien laki-laki (45,2%). Pasien lama di PLK Universitas (92,7%) memiliki persentase lebih besar daripada pasien baru (7,3%). Pasien di poli umum (90,7%) memiliki persentase jauh lebih besar dibandingkan pasien di poli gigi (9,3%) selama jangka waktu sejak 1 Januari – 27 April 2021. Partisipasi pasien BPJS (81%) dalam pelaksanaan survei kepuasan pasien PLK Universitas Airlangga periode April 2021 lebih besar jika dibandingkan dengan partisipasi pasien NON BPJS (19%). Nilai rata-rata kepuasan pasien menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien PLK Universitas Ailangga (berdasarkan survei kepuasan periode April 2021) mayoritas (99%) berada pada kategori puas dan sangat puas terhadap pelayanan kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan (PLK) Universitas Airlangga. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa tingkat kepuasan pasien PLK Universitas Airlangga pada survei periode April 2021 jika dibandingkan antara pasien BPJS dan pasien NON BPJS (ditinjau berdasarkan klinik dan aspek pernyataan) maka dapat diketahui untuk PLK B pasien NON BPJS memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi daripada pasien BPJS. Sebaliknya pada PLK C pasien BPJS yang memiliki tingkat kepuasan lebih tinggi daripada pasien NON BPJS, dengan selisih yang kecil (antara dua nilai rata-rata yang dibandingkan) maka analisis Mann Whitney U Test menghasilkan kesimpulan yaitu tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dengan pasien NON BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan (PLK) Universitas Airlangga (p-value = 0,950 > α = 0,05 sehingga H0 diterima).

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Wardatul Raihan, -NIM101711133032
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 22 Mar 2024 12:22
Last Modified: 22 Mar 2024 12:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item