Pengaruh Fumigasi Dengan Berbagai Dosis Larutan Formalin - KMnO4 Terhadap Kualitas Fisik Kuning Telur Ayam

Didik Subiyanto, - (2024) Pengaruh Fumigasi Dengan Berbagai Dosis Larutan Formalin - KMnO4 Terhadap Kualitas Fisik Kuning Telur Ayam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
PENGARUH FUMIGASI DENGAN BERBAGAI DOSIS 20240201_15545769.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
2. ABSTRAK .pdf

Download (103kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fumigasi dengan berbagai dos is iarutan formalin-KMn04 terhadap kuaiitas fisik kuning teiur ayam dan di simpan seiama tiga minggu. Sejumlah 36 butir te!ur ayam segar dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat urituk menghilangkan kotoran yang menempel pad a kulit telur seteleh it\! diambil secara aeak dan dibagi menjadi tiga kelompok perlakuan masing masing 12 ulangan sebagai berikut : telur taQpa fumigasi (Po), telur dengan fumigasi single dose selama 60 menit (P 1) dan tetur dengan fumigasi double doses selama 60 menit (P2) kemudian ditempatkan pada eggtray dan dibiarkan di udara terbuka. Setelah tiga minggu dilakukan pengamatan terhadap kualitas fisik kuning tetur yang meliputi nilai indeks kuning telur, warna kuning telur, persentase berat kuning telur dan pH kuning telur. Penelitian ini dirancang dalam rancangan aeak lengkap dengan analisis sidik ragam kemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata T erkecil tingkat signiftkasi 5% apabila didapatkan perbedaan. Hasil penelitian· menunjukkan bahwa perlakuan fumigasi double doses lebih efektif dalam mempertahankan nilai kualitas fisik kuning telur (p<O,05) yang ditinjau dari nilai indeks kuning telur, persentase berat kuning telur dan pH kuning tetur dibandingkan dengan per1akuan fumigasi single dose dan perlakuan tanpa fumigasi. Perlakuan tanpa fumigasi, fumigasi singf9 dose dan fumigasi double doses tidak berpengaruh terhadap warna kuning telur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: fumigasi, formalin, telur ayam
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Didik Subiyanto, -NIM069412044
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorIwan Willyanto, -NIDN-
ContributorIsmudiono, -NIDN0016055206
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 23 Mar 2024 02:29
Last Modified: 23 Mar 2024 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item