Efektifitas Terapi Bermain Terhadap Penerimaan Pelaksanaan Tindakan Injeksi Pada Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Di Ruang IRNA Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Zuhhad (2002) Efektifitas Terapi Bermain Terhadap Penerimaan Pelaksanaan Tindakan Injeksi Pada Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Di Ruang IRNA Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
ZUHHAD 200220240229.pdf

Download (32MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masuk rumah sakit adalah peristiwa yang umum terjadi pada anak dan dapat merupakan pengalaman traumatik pada anak, yakni dapat menimbulkan ketegangan dan ketakutan atau stres hospitalisasi. Akibat dari stres tersebut pada anak usia pra sekolah, akan menimbulkan berbagai reaksi seperti menolak makan, menangis, teriak, memukul, menyepak, tidak kooperatif terhadap aktifitas sehari-hari serta menolak tindakan keperawatan dan pengobatan, sehingga masalah anak tidak teratasi. Untuk melihat/mempelajari sejauh mana efektifitas terapi bennain terhadap penerimaan pelaksanaan tindakan injeksi pada anak usia pra sekolah yang dirawat di Ruang IRNA anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya, maka dilakukanlah penelitian dengan menggunakan desain "quasi experiment". Populasi penelitian ini adalah anak usia pra sekolah yaitu umur 3 — 6 tahun yang dirawat di Ruang IRNA Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Tehnik sampling yang digunakan adalah "non probability sampling yaitu purposive sampling", dengan jumlah sampel yang sesuai kriteria inklusi sebanyak 20 orang. Baik untuk variabel independen dan dependen menggunakan pendekatan observasi, setelah ditabulasi maka digunakan tehnik analisa data dengan menggunakan uji statistik "independen sample t-test" dengan tingkat kesalahan 5 % dimana tx > to (nilai t tabel) dan tingkat signifikan p < 0,05, memiliki interpretasi Ho ditolak dan diterima. Dari penelitian ini didapatkan peningkatan jumlah responden yang memiliki kriteria penerimaan baik, dengan hasil uji t adalah -10,20 dengan tingkat kemaknaan 0,00 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian ada hubungan antara penerapan terapi bermain dengan penerimaan pelaksanaan tindakan injeksi pada anak usia pra sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi bermain, penerimaan pelaksanaan tindakan injeksi, anak usia pra sekolah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Creators:
CreatorsNIM
ZuhhadNIM019930132 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorYessy Dessy ArnaNIDN-
ContributorRugaiyah AdamNIDN-
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 23 Mar 2024 06:27
Last Modified: 23 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item