Pengaruh Relaksasi Terhadap Penurunan Rasa Nyeri Pada Ibu Inpartu Kala 1 Di Ruang Bersalin II RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Jujuren BR. Sitepu, - (2024) Pengaruh Relaksasi Terhadap Penurunan Rasa Nyeri Pada Ibu Inpartu Kala 1 Di Ruang Bersalin II RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
78. JUJUREN BR. SITEPU.pdf

Download (13MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Relaksasi memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi ibu yang sedang menghadapi persalinan. Jelas bahwa persalinan dengan nyeri yang ringan dan bebas dari ketakutan/ ketegangan, sehingga ibu dengan tenang dan terkoordinir dapat ikut berperan serta dalam proses persalinan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relaksasi terhadap penurunan rasa nyeri, membantu mengurangi rasa takut dan mempercepat kala I pada ibu inpartu kala I Penelitian ini dilaksanakan di RB IT RSUD Dr. Seotomo Surabaya dari bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2000. Data diperoleh dengan mengobsevasi ibu-ibu yang menjadi responden sesuai dengan checklyst yang telah dibuat dan responden dibagi 2 kelompok yaitu kelompok A yang diberi intervensi relaksasi, kelompok B tidak diberi intervensi Data diolah dan disajikan dalam bentuk diagram dan tabel, untuk mengetahui frekuensi signifikansi hubungan yang bermakna antar variabel dilakukan uji statistic One Way ANOVA dengan nilai kemaknaan p < 0,1. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang bermakna antara relaksasi dengan penurunan rasa nyeri dengan nilai p = 0,032 schingga ibu mampu mengatasi dengan nilai p = 0,032 dan mempercepat kala [ dengan nilai p = 0,071 membantu mengurani rasa takut dengan niali p = 0,032. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak membimbing ibu — ibu sejak prenatal, dan mengambil sampel hanya ibu-ibu yang primi. Saran yang dapat disampaikan terutama untuk peneliti yang akan dating sebaiknya dalam menentukan pengaruh relaksasi terhadap nyeri persalinan tidak hanya pada kala I dilanjutkan pada kala II, III, dan IV, dan memperhatikan faktor —foktor yang mempengaruhi rasa nyeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: relaksasi; persalinan;ibu bersalin
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Jujuren BR. Sitepu, -NIM019910145 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSadjabibi Indriani, -NIDN-
ContributorAgus Abadi, -NIDN-
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 24 Mar 2024 04:31
Last Modified: 24 Mar 2024 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132412
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item