Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Tindakan Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Keluarga Di Kelurahan Selat Hilir Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah (Cross Sectional)

Junaidi (2024) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Tindakan Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Keluarga Di Kelurahan Selat Hilir Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah (Cross Sectional). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
80. junaidi.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah keschatan masyarakat yang cenderung meningkat jumlah penderita, serta semakin luas penyebarannya, sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk serta lingkungan yang kurang mendukung, dan peranan perilaku kesehatan masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan sangat diutamakan, agar tidak terjadi adanya perindukan jentik nyamuk aedes aegepli sebagai penyebab penyakit DBD, dengan demikian penulis berkeinginan untuk meneliti “Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tindakan Pencegahan Penyakit DBD. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2002, menggunakan rancangan uji statisti Spearmen Rank dengan menetapakan “Tingkat Pengetahuan® sebagai Variable Independen dan Tindakan Pencegahan Penyakit DBD “ sebagai Variable Dependen, Populasi penelitian adalah semua rumah tangga di Kelurahan Selat Hilir Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, dengan mengambil sample secara Random Sampling dan menggunakan kriteria inklusi terdapat adanya jentik nyamuk dipenampungan air bersih, adanya genangan air di kolong rumah yang tertampung, rumah yang lembab, gelap dan tidak ada ventilasi, pembungan sampah yang tidak teratur, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kueasioner yang selanjutnya ditabulasi dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Spearmen Rank dengan tingkat kemaknaan dan rancang p 20,5. Dari hasil analisa data diperoleh © Ada hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan pencegahan DBD, Karena nilai uji statistik Spearmen Rank menunjukan (p = 0,002), dan nilai p > 0,05 menunjukan bahwa H ditolak dengan kata lain ada hubungan antara variabel tingkat pengetahuan dan tindakan pencegahan DBD, dan dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan ada hubungan dengan tindakan pencegahan DBD, namun demikian penulis berharap kepada para peneliti kiranya dapat menggunakan data dasar dari hasil penelitian ini dan menggambarkanya untuk penelitian lebih lanjut terutama memperluas kajian factor penyebab terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: demam berdarah; pencegahan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
JunaidiNIM010110303 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Ketut SudianaNIDN0005075507
Thesis advisorHarmayettyNIDN0010047002
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 24 Mar 2024 05:27
Last Modified: 02 Jul 2024 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132421
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item