Laporan Magang Mbkm Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Gambaran Pengelolaan Limbah B3 Pabrik Kertas Pt. X Mojokerto

Pradita Setiawan, - (2022) Laporan Magang Mbkm Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Gambaran Pengelolaan Limbah B3 Pabrik Kertas Pt. X Mojokerto. Technical Report. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (Fulltext)
55Pradita Setiawan_101911133197_Laporan Magang MBKM.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil identifikasi dan evaluasi, kesimpulan yang dapat diambil yaitu sistem pengelolaan limbah B3 di PT X Mojokerto dilakukan dengan jenis pengelolaan Limbah B3, yaitu penyimpanan. Secara keseluruhan, sistem pengelolaan Limbah B3 di PT X Mojokerto terbilang baik. Namun terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan ketentuan antara lain melakukan pencampuran limbah B3 yang dihasilkan, tempat penyimpanan limbah B3 tidak dilengkapi alat tanggap darurat, terdapat limbah B3 yang diletakkan di luar TPS yang tersedia serta ada kontrak kerjasama antara pihak ketiga yang sudah kadaluwarsa. Ketentuan yang tidak terpenuhi dapat menimbulkan risiko bahaya bagi manusia maupun lingkungan. Kondisi bangunan pada TPS limbah B3 yang semi terbuka memungkinkan air hujan masuk akan menyebabkan terbawanya logam berat yang terkandung dalam sludge IPAL mengalir bersama air hujan sehingga berpotensi menyebabkan pencemaran air dan tanah. Selain itu, ceceran sludge IPAL dalam proses pemindahan menuju TPS limbah B3 dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja yaitu tergelincir dikarenakan kondisinya yang licin.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Magang, Pengelolaan Limbah
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD896-899 Industrial and factory wastes
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Pradita Setiawan, -NIM101911133197
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 24 Mar 2024 17:21
Last Modified: 24 Mar 2024 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132456
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item