Pengaruh Pemberian Konsentrat Protein Tinggi Dan Periode Laktasi Terhadap Produksi Susu Dan Konsumsi Bahan Dring Kambing Peranakan Etawa

Yulianna Puspit Asari, - (2004) Pengaruh Pemberian Konsentrat Protein Tinggi Dan Periode Laktasi Terhadap Produksi Susu Dan Konsumsi Bahan Dring Kambing Peranakan Etawa. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
yuliana puspitasari20240131_09560242.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Tujuan penelitian ini adaJah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pemberian konsentrat protein tinggi dan periode laktasi terhadap produksi susu dan konsumsi bahan kering kambing perah peranakan etawa. Hewan coba yang digunakan daJam penelitian ini adalah kambing perah peranakan etawa periode laktasi I dan peri ode laktasi II sebanyak 16 ekor. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Pola FaktoriaJ 2 x 2 sehingga ada empat perlakuan, masing-masing perlakuan ada empat ulangan sehingga ada 16 sampel. Faktor yang diujikan ada dua yaitu factor pertama adaJah pakan (P) dan faktor kedua adaJah periode laktasi (L). Faktor pakan ada dua taraf terdiri dari konsentrat komersial dengan kandungan protein 15,31% sebagai pakan kontrol (PO) dan konsentrat protein tinggi dengan kandungan protein 20,78% sebagai pakan perlakuan (Pl). Periode laktasi ada dua taraf terdiri dari periode laktasi I dan periode laktasi II. Total pakan yang diberikan adaJah 3,5 kg terdiri dari 3 kg hijauan dan konsentrat 0,5 kg. Peubah yang diamati meliputi produksi susu dan konsumsi bahan kering. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji F 5%, apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara konsentrat protein tinggi dan periode laktasi terhadap produksi susu tetapi konsentrat protein tinggi berpengaruh terhadap produksi susu. Produksi susu pada pakan konsentrat protein tinggi (P I) lebih tinggi dan berbeda sangat nyata (P<0,01) dibandingkan pakan konsentrat komersiaJ (PO). Tidak terdapat interaksi antara konsentrat protein tinggi dan periode laktasi terbadap konsumsi bahan kering tetapi periode laktasi berpengaruh terhadap konsumsi bahan kering. Konsumsi bahan kering pada periode laktasi II lebih tinggi secara nyata (p<0,05) dibandingkan periode laktasi I..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Yulianna Puspit Asari, -069912637
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Nurhajati, --
Thesis advisorE. Djoko Poetranto, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:24
Last Modified: 25 Mar 2024 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item