Laporan Akhir Programipteks bagi masyarakat (Ibm) Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Peternak Ayam Petelur Dalam Mencegah Wabah Flu Burung

Dewa Ketut Meles, - and Hermin Ratnani, - and Sri Mulyati, - and Rimayanti, - (2010) Laporan Akhir Programipteks bagi masyarakat (Ibm) Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Peternak Ayam Petelur Dalam Mencegah Wabah Flu Burung. Project Report. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (Fulltext)
67. DEWA KETUT MELES.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga untuk menjawab pennasalahan I )Bel urn diketahui sanitasi kandang (bioscurity) yang benar 2) Belum diketahui ragam penyakit pada unggas yang berkaitan dengan flu burung. 3) Belum diketahui program vaksinasi pada ayam 4) Belurn diketahui cara mendiagnosa penyakit melalui gejala klinik 5) Belum diketahui cara mendiagnosa penyakit melalui bedah mati 6) Belum diketahui cara pencegahan dan pengobatan penyakit unggas Tujuan dari Program Ipteks bagi Masyakat adalah I) meningkatkan SDM melalui pengenalan ragam penyakit pada unggas terutama penyakit flu burung, cara mendiagnosa pemyakit pada unggas terutama ayam melalui gejala klinik dan bedah mati, program vaksinasi pada unggas dan bioskurity terutama pada petemakan ayam 2) ketrampilan pengobatan penyakit pada unggas dan 3) Mencegah arus urbanisasi, mencegah mengalimya kaum muda ke sektor non pertanian. Bila kaum muda tidak dapat dicegah maka yang terjadi adalah usaha petemakan hanya dikerjakan oleh orang-orang lansia dan secara alamiah sudah tidak produktif dan inaktif sehingga tetap akan terjadi lingkaran kemiskinan dan dari sisi lain banyaknya pcngangguran muda Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pendidikan dan pelatihan budidaya dan penyakit pada ayam pada anggota umkm "Aulia Prima Citra" dan melibatkan 5 orang mahasiswa untuk berlatih wirausaha. Hasilnya adalah sangat bennanfaat bagi tim pelaksana untuk menambah wawasan berwirausaha dan terjalinnya kerjasarna bersama UMKM, bagi mahasiswa yang ikut dalam kegiatan fbM untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan selaigus sebagai calon wirausaha dan bagi UMKM adalah mendapat ilmu pengetahuan dan lpteks yang dimiliki perguruan tinggi Disarankan Ipteks bagi Masyarakat dilakukan secara berkesinambungan dan harus melibatkan mahasiswa untuk menurnbuhkan jiwa wirausaha dan sebagai calon wirausaha baru ..

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Ipteks, Peternak, Ayam Petelur, Flu Burung
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Dewa Ketut Meles, -NIDN0013125402
Hermin Ratnani, -NIDN0006045802
Sri Mulyati, -NIDN0006116105
Rimayanti, -NIDN0003126305
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:00
Last Modified: 25 Mar 2024 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132531
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item