Pengaruh Bossdext Terhadap Peningkatan Pertambahan Berat Badan Sapi Peranakan Friesian Holstein Jantan

Dwi Niken Ariyani, - (2000) Pengaruh Bossdext Terhadap Peningkatan Pertambahan Berat Badan Sapi Peranakan Friesian Holstein Jantan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
DWI NIKEN PENGARUH BOOSDEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (820kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertambahan berat badan , konsumsi serta konversi pakan yang dihasilkan oleh sapi peranakan Friesian Ho/stein (PFH) jantan yang diberi pakan tambahan berupa kultur fermentasi Bossdext dan dedak padi.Sebanyak delapan ekor sapi PFH jantan dengan umur antara satu tahun delapan bulan sampai dua tahun serta berat badan berkisar antara 250 kilogram sampai 320 kilogram dibagi secara acak menjadi dua kelompok , dengan masingmasing kelompok beranggotakan 4 ekor. Pakan diberikan dua kali sehari berupa hijauan sebanyak 10 % dari berat badan dan pakan tambahan sesuai dengan perlakuan.Kelompok pert:ama merupakan kontrol yang diberi pakan tambahan berupa konsentrat, garam dan air dengan pemberian sebanyak 5 kilogram konsentrat dan 20 gram. garam. Sedangkan kelompok kedua merupakan kelompok hewan coba yang diberi pakan tambahan berupa campuran kultur fermentasi Bossdext 5 liter, konsentrat 5 kilogram, garam 20 gram serta air selama 60 hari. Pengamatan terhadap berat badan masing-masing hewan coba dilakukan setiap enam hari. Pengamatan tersebut dilakukan untuk mengetahui pertambahan berat badan harian sapi selama masa penelitian. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan ujit. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan yang dihasilkan oleh kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: bossdext, sapi friesian holstein
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Niken Ariyani, -NIM069512209
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSri Hidanah, -NIDN0008036105
ContributorC.A Nidom, -NIDN0008035803
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:33
Last Modified: 27 Mar 2024 01:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132615
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item