PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK MENIRAN (Phylanthus ninuri L) TERHADAP SEKRESI TNF-a INTRATESTIKULER PADA MENCIT JANTAN (Mus musculus)

ANALIS WISNU WARDHANA, - (2004) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK MENIRAN (Phylanthus ninuri L) TERHADAP SEKRESI TNF-a INTRATESTIKULER PADA MENCIT JANTAN (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK MENIRAN -ANALIS WISNU WARDHANA - ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK MENIRAN -ANALIS WISNU WARDHANA.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengamh pemberian ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri L) per-{)ral terhadap sekresi sitokin ThF-u (Tumor Necrosis Factor-Alpha) intratestikuler pada meneit jantan (Mus nIuscu/lIs). Bewan eoba yang digunakan terdiri dari 27 ekor meneit jantan strain BALB/e berumur rata-rata 2,5 bulan dengan berat badan rata-rata 25 gram, yang dibagi menjadi riga kelompok, yaitu kelompok kontrol (PO) yang diberi 0,1 ml aquades, perlakuan I (PI) yang diberi 4 mg/O,I mI ekstrak tanaman Phyllal1lhus niruri L, dan perlakuan II (P2) yang diberi 8 mg/O,I ml ekstrak tanaman Phyllanthus niruri L . Perlakuan tersebut diberikan setiap hari selama 54 hari dengan sonde dari spuit I mI. Pada han terakhir perlakuan, kelompok kontrol dan perlaJ,;uan diambil testisnya dan kemudian dilakukan pemeriksaan secara kuantitatif kadar TNF-u intratestikuler dengan indirect ELISA (Enzyme Linked lmmunosorbent Assay). Data yang diperoleh pada indirect ELISA dianalisis dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji BN] 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak tanaman meniran (Phyllal1thus niruri L) berpengaruh pada sekresi sitokin TNF-u intratestihller pada meneit jantan (Mus musculus), yaitu pada dosis perlakuan I yang menunjukkan perbedaan nyata dengan PO (kontrol) (P<O,05), sedangkan P2 dengan kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (P>{).05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MUS MUSCULUS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
ANALIS WISNU WARDHANA, -NIM069912712
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDLilik Maslachah, -NIDN-
UNSPECIFIEDHardijanto, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:28
Last Modified: 27 Mar 2024 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132630
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item