SURVEI TERKAIT SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI KELURAHAN BULAK BANTENG, KECAMATAN KENJERAN, KOTA SURABAYA

ANGGI PRABAWA PASARIBU, - (2023) SURVEI TERKAIT SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI KELURAHAN BULAK BANTENG, KECAMATAN KENJERAN, KOTA SURABAYA. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Laporan Akhir Magang_Wahana Visi Indonesia_Anggi Prabawa Pasaribu_102011133172.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil obervasi dan wawancara terkait proses pelaksanaan Survei yang dilakukan di Kelurahan Bulak Banteng terkait penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu: Pilar 1 Stop Buang Air Besar Sembarangan Sebagian besar masyarakat sudah memiliki jamban, namun masih ditemukan beberapa yang tidak menggunakan jamban dan tidak melakukan pengurasan septic tank. Kesadaran akan pentingnya membersihkan kloset dan menggunakan alat pembersih yang memadai telah dipahami oleh sebagian besar responden. Pilar 2 Cuci Tangan Pakai Sabun Kepemilikan sarana cuci tangan di rumah tangga cukup baik. Pengetahuan dan perilaku mencuci tangan yang benar telah cukup baik, tetapi masih perlu peningkatan kesadaran dalam mencuci tangan pakai sabun. Pilar 3 Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga Pengelolaan air minum di rumah tangga masih menunjukkan kecenderungan menggunakan air minum isi ulang tanpa pengolahan tambahan. Pengetahuan dan perilaku pengelolaan makanan di rumah tangga tergolong baik. Pilar 4 Pengamanan Sampah Rumah Tangga Praktik-praktik pengelolaan sampah, seperti pengurangan pemakaian, penggunaan kembali, dan pemilahan sampah, masih perlu ditingkatkan. Kesadaran akan dampak positif dari praktik-praktik pengamanan sampah terhadap lingkungan perlu ditingkatkan. Pilar 5 Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga Pengamanan limbah cair di Kelurahan Bulak Banteng sudah tergolong baik, dengan selokan atau got untuk pembuangan limbah cair tertutup.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALTH
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > PKL
Creators:
CreatorsNIM
ANGGI PRABAWA PASARIBU, -NIM102011133172
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurring Trisnowati, --
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:05
Last Modified: 27 Mar 2024 04:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item