Hubungan Peran Pembimbing Akademik Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Iv Akper Hang Tuah Surabaya Ta. 2003 / 2004

Christina Yuliastuti (2005) Hubungan Peran Pembimbing Akademik Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Iv Akper Hang Tuah Surabaya Ta. 2003 / 2004. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
CHRISTINA YULIASTUTI.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pennasalahan kompleks yang dihadapi mahasiswa dapat mengganggu aktivitas dan proses belajar yang akhimya prestasi belajar tidak optimal. Hal ini menuntut adanya Pembimbing Akademik (PA) di kampus yang memberikan pelayanan bimbingan dan konseling baik mengenai masalah akademik maupun non akademik. Peran Pembimbing Akademik mempengaruhi pemanfaatan pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari hubungan antara peran Pembimbing Akademik dengan prestasi belajar mahasiswa semester IV Akper Hang Tuah Surabaya TA. 2003/2004. Penelitian ini menggunakan desain Cross-Sectional. Populasinya adalah mahasiswa semester IV TA. 2003/2004 clan dosen Akper Hang Tuah Surabaya. Sampel. diambil dengan Simple Random Sampling dari mahasiswa sebesar 65 responden dan 11 responden dari dosen dengan Purposive Sampling. V ariabel independennya adalah Peran Pembimbing Akademik, variabel dependennya adalah Prestasi Belajar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan studi dokumenter, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik korelasi Spearman Rho, dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bennakna antara peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar menurut pandangan dosen (p = 0,048 dan r = +0,247), demikian juga terda.pat hubungan yang bermakna antara peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar menurut pandangan m&hasiswa (p = 0,000 dan r = +0,774). Hal tersebut juga menunjukkan bahwa hubungan peran pembimbing akademik dan prestasi belajar menurut pandangan mahasiswa lebih kuat daripada menurut dosen. Kesimpulannya adalah peran pembimbing akademik mempunyai korelasi dengan prestasi belajar mahasiswa, bimbingan dan konseling oleh pembimbing akademik membantu menyelesaikan masalah dan meningkatkan motivasi mahesiswa dalam proses belajar sehingga menghasilkan mahasiswa berprestasi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pembimbing Akademik, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Christina YuliastutiNIM010330618-B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAhmad YusufNIDN-
Thesis advisorYuni SufyantiNIDN0029107401
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:47
Last Modified: 27 Mar 2024 04:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item