Hubungan pengetahuan dan pola asuh dalam pemberian Makan Dengan Status Gizi Pada Balita Di Kecamatan Kertosono. Kabupaten Nganjuk

Cintya Della Widyanata (2019) Hubungan pengetahuan dan pola asuh dalam pemberian Makan Dengan Status Gizi Pada Balita Di Kecamatan Kertosono. Kabupaten Nganjuk. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
CINTYA DELLA WIDYANATA HUBUNGAN PENGETAHUAN20240306_14144099.pdf

Download (12MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Status gizi kurang saat ini menjadi masalah universal yang dihadapi di seluru.h dunia, terutama Indonesia memiliki masalah gizi yang kompleks. Balita merupakan kelompok usia yang rentan terhadap kelainan gizi sebab usia tersebut membutuhkan gizi lebih besar untuk masa pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan pola asuh dalam pemberian makan dengan status gizi pada baJita. Metode: Penelitian ini menggunakan desain crosssectional. Populasi sebesar 1.135 orang dan sampel terdiri dari 114 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan pola asuh dalam pemberian makan yang diukur menggunakan kuesioner dan variabel dependen penelitian ini yaitu status gizi balita diukur berdasarkan penilaian status gizi dari WHO. Data dianalisis menggunakan uji Spearman 's rho dan Chi- square dengan tingkat kemaknaan p = 0,05. Basil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan status gizi balita (p=0,001) dan tidak terdapat hubungan antara pola asuh dalam pemberian makan dengan status gizi pada balita (p=0,662). Kesimpulan: Sebagian besar ibu dengan pengetahuan kurang tentang gizi memiliki balita dengan status gizi kurang dan ibu menerapkan pola asuh demokratif dengan status gizi baik pada balita, hal tersebut menunjukkan bahwa perlu dilakukan edukasi mengenai pentingnya gizi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pola asuh dalam pemberian makan, status gizi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Cintya Della WidyanataNIM131511133007
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuni SufyantiNIDN0006067802
Thesis advisorIgLima Dwi KNIDN-
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:57
Last Modified: 27 Mar 2024 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132660
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item