Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Non Captive Market Pada Kelas 1, Kelas 2 Dan Kelas 3 Terhadap Pelayanan Dokter, Pelayanan Pera Wat, Pelayanan Administrasi Dan Fasilitas Dengan Minat Penggunaan Kembali Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya Tahun 2003

Dadik Dwirianto (2003) Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Non Captive Market Pada Kelas 1, Kelas 2 Dan Kelas 3 Terhadap Pelayanan Dokter, Pelayanan Pera Wat, Pelayanan Administrasi Dan Fasilitas Dengan Minat Penggunaan Kembali Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya Tahun 2003. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
DADIK DWIRIANTO 200320240301.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu standar mutu yang mempengarubi tingkat pemanfaatan rurnah sakit,baik rumah sakit pemerintah maupun swasta. Pasien yang puas terhadap pelayanan suatu rurnah sakit, selain akan menjadi pelanggan yang loyal juga akan menyarankan orang lain untuk menggunakan rumah sakit tersebut jika sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat analitik yang bertujuan untuk mempelajari tingkat kepuasan pasien terhadap berbagai pelayanan di Rumah Sakit Pelabuhan Suarabaya meliputi pelayanan dokter,perawat, fasilitas dan administrasi. Sampel penelitian ini adalah pasien umum yang berumur lebih dari tiga belas tahun, telah menjalani rawat inap selama tiga hari, dalam keadaan sadar, dan rnampu berkomunikasi. Jumlah sample dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 100 pasien. Pengambilan sample menggunak.an tehnik total sampling. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi dengan dianalisa secara statistik dengan uji Spearman untuk rnelihat ada tidaknya hubungan antara variable independen dan variable dependen serta untuk mengetahui tingkat keerataan dari kedua variable tersebut.. Hasil penelitian ini menunjukkan sebcsar 88% pasien puas terhadap pelaynan dokter,91 % pasien puas terhadap pelayanan perawat, 95% pasien puas terhadap pelayanan administrasi dan 91 % pasien puas terbadap fasilitas. Hasil analisa data dengan uji statistik Spearman dengan p::::; 0,05. Sedangkan dari hasil analisadidapatkan p = 0,021 dengan koefisien korelasi rho = 0,231 ,indikasiini menunjukkan hubungan yang rendah. Pihak rumah sakit Pelabuhan harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanannya agar semak.in rnemuaskan pasiennya karena pasien yang puas, akan menjadi pelanggan yang loyal. Hal tersebut sangat membantu rumah sakit karena selain murah juga merupakan cara yang efektif dalam memasarkan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dadik DwiriantoNIM010130307
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurwaningsihNIDN0021106603
Thesis advisorSumiatunNIDN-
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:15
Last Modified: 27 Mar 2024 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132665
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item