METODE PENGOLAHAN AIR LIMBAH PROSES UTAMA MENGGUNAKAN WASTEWATER TREATMENT PLANT (WWTP) PADA PT. INDONESIA POWER GRATI POWER GENERATION AND OPERATION&MAINTANANCE SERVICES UNIT (POMU)

THERESIA.A.E.D.WILLY, - (2022) METODE PENGOLAHAN AIR LIMBAH PROSES UTAMA MENGGUNAKAN WASTEWATER TREATMENT PLANT (WWTP) PADA PT. INDONESIA POWER GRATI POWER GENERATION AND OPERATION&MAINTANANCE SERVICES UNIT (POMU). Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Laporan Magang Individu Theresia A E D Willy_PT. Indonesia Power Grati POMU.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Indonesia Power Grati POMU, merupakan salah satu unit pembangkitan yang dimiliki oleh PT. Indonesia Power yang merupakan unit pembangkit listrik tenaga gas dan uap yang berlokasi di Pasuruan, tepatnya Jln. Surabaya-Probolinggo KM.73 Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. PT. Indonesia Power Grati POMU memiliki kapasitas total sebesar 1370 MW yang terbagi menjadi tiga blok. Blok 1 terdiri dari tiga Gasses Turbine (GT) dan satu Steam Turbine (ST) dengan kapasitas 460 MW. Blok 2 terdiri atas tiga Gasses Turbine (GT) dan satu Steam Turbine (ST) dengan kapasitas 460 MW serta blok 3 terdiri dari dua Gasses Turbine (GT) dan satu Steam Turbine (ST) dengan kapasitas 450 MW. Sebagai unit PLTGU, PT. Indonesia Power Grati POMU menggunakan gas sebagai bahan bakar utama yang berasal dari Pulau Madura yang disalurkan melalui pipa gas bawah laut. Dalam proses produksi PT. Indonesia Power Grati POMU menggunakan proses open cycle (PLTG) dan combine cycle (PLTGU). Dalam proses utama produksi menghasilkan limbah cair yang berasal dari Boiler blow down, sampling rack, laboratory waste, common sump pit, wtp sump pit, RO reject, power house drain, limbah tersebut diolah menggunakan metode Wastewater Treatment Plant (WWTP), dengan parameter baku mutu pH, TSS, minyak dan lemak, klorin bebas, kromium, tembaga, besi, seng, dan fosfat. Parameter-parameter tersebut harus memenuhi standar baku mutu yang berlaku. Dari data monitoring kualitas air limbah pada outlet WWTP tahun 2021- Januari 2022 diketahui bahwa pengolahan air limbah proses utama yang berasal dari boiler blow down, sampling rack, laboratory waste, common sump pit, wtp sump pit, RO reject, power house drain pada PT. Indonesia Power Grati POMU sudah diolah dengan baik menggunakan metode WWTP sehingga layak dibuang ke laut yang ditandai dengan jumlah parameter-parameter yang di bawah baku mutu yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: WORK SAFETY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > PKL
Creators:
CreatorsNIM
THERESIA.A.E.D.WILLY, -NIM101811133057
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMiftachun Nisa, --
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:32
Last Modified: 27 Mar 2024 05:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132670
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item