GAMBARAN PENERAPAN ISO 14001 PADA PENANGANAN BAHAN B3 DAN LIMBAH B3 PT. OMRON MANUFACTURING OF INDONESIA

RANDY GHIFARI, - (2023) GAMBARAN PENERAPAN ISO 14001 PADA PENANGANAN BAHAN B3 DAN LIMBAH B3 PT. OMRON MANUFACTURING OF INDONESIA. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
NEW_Laporan_Magang_Randy_Ghifari_PT_Omron_Manufacturing_of_Indonesia.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Omron Manufacturing of Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri komponen elektronika di bawah pengawasan divisi perusahaan Omron Jepang. PT. Omron Manufacturing of Indonesia. Penerapan sistem manajemen lingkungan di PT. Omron Manufacturing of Indonesia mulai diterapkan pada tahun 1997 dengan komitmen dalam penerapan SML dengan menetapkan target dan melakukan review secara berkala, membuat langkah perbaikan, memenuhi persyaratan dan ketentuan hukum dan bertanggungjawab terhadap informasi lingkungan kepada instansi terkait. Kewajiban kepatuhan yang telah diterapkan oleh perusahaan dalam kegiatan penyimpanan dan penanganan bahan B3 kepada Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pedoman Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Melalui kegiatan magang yang telah dilakukan pada PT. Omron Manufacturing of Indonesia ini dapat diketahui penerapan ISO 14001:2015 telah berjalan dengan baik tetapi dalam pelaksanaan lapangan masih memerlukan peningkatan dalam kerjasama di setiap departemen dan perwakilannya terkait untuk memenuhi kesesuaian penerapan SML pada tempat penyimpanan bahan B3 setiap departemen. Selain itu dari monitoring lokasi gedung bahan kimia, perawatan fasilitas seperti safety shower & eye washer, kelengkapan persediaan APD dan menjaga kesediaan material lokalisir bahan B3 akan menjadi hal yang membantu untuk menjaga pemenuhan kebutuhan tanggap darurat di sekitar lingkungan penyimpanan bahan B3 dan limbah B3. Kemudian dengan adanya MSDS yang selalu diperbarui untuk mempermudah dalam penyimpanan bahan B3. Selain itu kegiatan simulasi tanggap darurat juga dapat meningkatkan pengetahuan serta kompetensi karyawan maupun penanggung jawab lingkungan dari setiap departemen di PT OMI.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN LINGKUNGAN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > PKL
Creators:
CreatorsNIM
RANDY GHIFARI, -NIM101811133222
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusuma Scorpia Lestari, --
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:20
Last Modified: 27 Mar 2024 07:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item