Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat : Pengolahan Jerami Padi Untuk Mengatasi Kekurangan Pakan Ternak Domba Dl Desa Gejugjati Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Lilik Maslachah, - (2004) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat : Pengolahan Jerami Padi Untuk Mengatasi Kekurangan Pakan Ternak Domba Dl Desa Gejugjati Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENGMAS)
LILIK MASLACHAH m KES Drh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu factor yang menyebabkan rendahnya pendapatan petani peternak domba salah satunya disebabkan rendahnya pertumbuhan dan reproduksi ternak domba sehingga menyebabkanproduktivitas menjadi menurun. Kendala ini disebabkan system pemeliharaan ternak domba kurang diperhatikan oleh peternak terutama dari segi pakan sehingga kurang mencukupi kebutuhan untuk perkembangan dan pertumbuhan ternak domba tersebut, akibatnya berat rata-rata pertumbuhan domba menurun. Tingkat produksi pakan yang rendah selama diakibatkan kurang ketersedianan hijauan dimusim kemarau, sebagai gantinya diberikan jerami yang merupakan limbah pertanian cukup banyak didaerah.Pemberian jerami dimusim kemarau tanpa dilakukan pengolahan tidak bayak memberikan andil terhadap pertumbuhanberat badan mengingat jerami kandungan gizinya sangat rendah dan ikatan ligninnya tinggi sehingga sulit untuk dicerna. Pengolahan jerami dengan cara fermentasi merupakan alternatif untuk meningkatkan nilai gizi protein menjadi tinggi dan untuk mengatasi kekurangan pakan dimusim kemarau. Dengan melatih memberikan jerami yang telah difermentasi untuk mengatasi kekurangan pakan dimusim kemarau dimaksud dapat menanggulangi faktor kekurangan gizi pada ternak, dengan demikian tidak ada fluktuasi pertumbuhan berat badan. Dengan mempunyai kemampuan• mengolah limbah jerami menjadi pakan yang mempunyai nilai gizi yang lebih baik maka akan dapat memenuhi kebutuhan gizi ternak domba sehingga akan meningkatkan berat rata-rata pertumbuhan domba dan reproduktivitas ternak, dengan demikian mampu memperbaiki pendapatan peternak domba. Dari hasil temuan dan penelitian tersebut diharapkan dapat diterapkan pada peternakan domba rakyat guna dapat meningkatkan efisiensi produksi domba.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Lilik Maslachah, -NIDN 0031036801
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorWidjiati, --
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:32
Last Modified: 28 Mar 2024 03:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item