Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Terapi Aktivitas Kelompok Pada Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Mataram

Lesti Sariyuni, - (2002) Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Terapi Aktivitas Kelompok Pada Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Mataram. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
LESTARI SARIYUNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terapi aktifitas kelompok merupakan suatu terapi modalitas keperawatan jiwa yang setiap perawat jiwa haruslah mempunyai pengetahuan khusus mengenai hal itu dan mampu melaksanakan sebagai psikoterapi suportif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara pengetahuan perawat dan pelaksanaan terapi aktifitas kelompok di Rumah Sakit J iwa Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan desain Cross - Sectional. Variable independen adalah pengetahuan perawat dalam pelaksanaan terapi aktifitas kelompok sebagai variable dependen. Populasi penelitian adalah perawat yang berada di RSJ Mataram dengan jumlah sample 30 responden. Teknik pengambilan sample dengan purposive sampling. Analisa data menggunakant.Yi korelasi Spearman dengan signifikansi a :S 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat pelaksanaan terapi aktifitas kelompok dengan p = 0,00004 dan koefisien korelasi 0,68041. Dari hasil di atas disarankan bagi peneliti lain agar melakukan penelitian secara lebih mendalam terhadap fak.1:or - faktor yang mempengaruhi hubungan antara tingkat pengetahuan dan pelaksanaan terapi aktifitas kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Lesti Sariyuni, -NIM019930105 B
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:26
Last Modified: 28 Mar 2024 06:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item