Upaya Meningkatkan Perilaku Preventif Remaja Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Health Promotion Model (HPM) Infeksi Menular Seksual (IMS)

Leny Indrawati, - (2012) Upaya Meningkatkan Perilaku Preventif Remaja Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Health Promotion Model (HPM) Infeksi Menular Seksual (IMS). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (TESIS)
LENY INDRAWATI 201220240304_11zon_11zon_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengetahuan remaja tentang IMS masih lrurang. Penelitian ini bertujuan untuk mimgetahui pengaruh: pendidikan kesebatim femarlap peningk.atan perilaku preventif remaja terhadap IMS. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy Experiment. Populasi dalam penelitilin ini adalal) siswa- siswi Kelas XI IPS SMA N I Kedungwaru Tulungagung. Sampel dalam penelltian ini adalah 27 siswa kelompok intervensi dan 26 siswa kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Pengambilan teknik sampling dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjuk.kan bahwa sebelum dilakukan intervensi, sebagian besar pengetahuan responden termasuk kategori cukup, sikap baik dan peri laku baik. Sefe)ah dilalnJ.kan interve.nsi terdapat peningkatan pengetahuan secara bermakna (P = 0,02), •sikap tidak bermakna (p = 0,053), perilaku secara bem1akna (p = 0,022) pada kelotnpok intervensi. Pad.u kelompok kontrol pada akhir studi tidak terdapal penil.lgjalfan pengel<!h.uan yang bennakna (p = 0, 10 I ), sikap (p = 0,808) dan perilaku (p = 0,24).Pendidikan kesehatan dengan pendekatan HPM dapat meneningkatkan pengetahuan. sikap dan perilaku siswa. Pendidikan kesehatan tentang IMS di sekolah perlu dltinghtkan untuk menghalangi masuknya informasi negative tentang IMS. yang perlu diberi pelatihan khusus untuk pemberian pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Leny Indrawati, -NIM131041022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHans Lumintang, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Mar 2024 10:38
Last Modified: 28 Mar 2024 10:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item