Nurul Hasanah, -
(2024)
Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang Mutu Pelayanan ( Medis, Keperawatan, Dan Penunjang Medik ) Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Rumah Sakit Daerah Prof. Dr. Sitiawan Kartosoedirdjo Bangakalan.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pelayanan RSD Bangkalan belum sepenuhnya memenuhi tuntutan dan
harapan pasien sebagai pengguna jasa. Hal ini dilihat dari banyaknya pasien yang
merasa tidak puas dan· kecewa terhadap mutu pelayanan yang diberikan. Sebagai
stimulus dari apa yang dilihat, dirasakan dan dialami pasien akan memberikan
persepsi tersendiri tentang mutu pelayanan yang ada baik medis, keperawatan dan
penunjang medik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi tentang mutu
pelayanan rumah sakit dari aspek pelayanan medis, keperawatan dan penunjang
medik.
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sampel pasien rawat
inap di RSD Bangkalan, dengan cara purposive sampling yang secara keseluruhan
berjumlah 35 responden. Variabel penelitian ini adalah persepsi pasien tentang mutu
pelayanan medis, keperawatan dan penunjang medik. Data dikumpulkan dengan
kuesioner dan dianalisa dengan program SPSS 10 yaitu menggunakan analisa
deskriptif
Hasil penelitian dari nilai mean 19,44 persepsi baik tentang indikator mutu
pelayanan rumah sakit menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang mutu pelayanan
rumah sakit cukup yaitu (55,45%). Pelayanan medis mendapat persepsi cukup baik
(43 %), pelayanan keperawatan cukup baik (51 %) dan pelayanan penunjang medik
cukup baik (49%).
Dari uraian diatas menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang mutu
pelayanan di RSD Bangkalan adalah cukup. Untuk memberikan pelayanan yang lebih
bermutu diharapkan adanya perbaikan dan pembenahan dari beberapa aspek
pelayanan terutama pada indikator pelayanan yang mendapat persepsi kurang.
Actions (login required)
|
View Item |