Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang Mutu Pelayanan ( Medis, Keperawatan, Dan Penunjang Medik ) Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Rumah Sakit Daerah Prof. Dr. Sitiawan Kartosoedirdjo Bangakalan

Nurul Hasanah, - (2003) Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang Mutu Pelayanan ( Medis, Keperawatan, Dan Penunjang Medik ) Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Rumah Sakit Daerah Prof. Dr. Sitiawan Kartosoedirdjo Bangakalan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
NURUL HASANAH 200320240301.pdf

Download (33MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan RSD Bangkalan belum sepenuhnya memenuhi tuntutan dan harapan pasien sebagai pengguna jasa. Hal ini dilihat dari banyaknya pasien yang merasa tidak puas dan· kecewa terhadap mutu pelayanan yang diberikan. Sebagai stimulus dari apa yang dilihat, dirasakan dan dialami pasien akan memberikan persepsi tersendiri tentang mutu pelayanan yang ada baik medis, keperawatan dan penunjang medik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi tentang mutu pelayanan rumah sakit dari aspek pelayanan medis, keperawatan dan penunjang medik. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sampel pasien rawat inap di RSD Bangkalan, dengan cara purposive sampling yang secara keseluruhan berjumlah 35 responden. Variabel penelitian ini adalah persepsi pasien tentang mutu pelayanan medis, keperawatan dan penunjang medik. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisa dengan program SPSS 10 yaitu menggunakan analisa deskriptif Hasil penelitian dari nilai mean 19,44 persepsi baik tentang indikator mutu pelayanan rumah sakit menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang mutu pelayanan rumah sakit cukup yaitu (55,45%). Pelayanan medis mendapat persepsi cukup baik (43 %), pelayanan keperawatan cukup baik (51 %) dan pelayanan penunjang medik cukup baik (49%). Dari uraian diatas menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang mutu pelayanan di RSD Bangkalan adalah cukup. Untuk memberikan pelayanan yang lebih bermutu diharapkan adanya perbaikan dan pembenahan dari beberapa aspek pelayanan terutama pada indikator pelayanan yang mendapat persepsi kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pasien, Rawat Inap, Mutu Pelayanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Hasanah, -NIM010130296 -8
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSyamilatul Khoiriroh, --
ContributorArif Wijaya, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 29 Mar 2024 11:26
Last Modified: 29 Mar 2024 11:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132849
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item