Gambaran Umum Pelaksanaan STOP Sebagai Upaya Penerapan Behaviour Based Safety Di PT. POMI (Paiton Operation And Maintenance Indonesia) Probolinggo

Atiya Thifal Rofifa, ,- (2019) Gambaran Umum Pelaksanaan STOP Sebagai Upaya Penerapan Behaviour Based Safety Di PT. POMI (Paiton Operation And Maintenance Indonesia) Probolinggo. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
ATIYA THIFAL ROFIFA_101511133197_FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT_UNIVERSITAS AIRLANGGA.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Dari observasi STOP tahun 2018, dapat diketahui bahwa tindakan tidak aman (unsafe action) pekerja banyak berada pada penggunaan APD, seperti contohnya posisi orang menempati peringkat pertama dengan kasus terbanyak adalah menghirup, menyerap, atau menelan zat berbahaya. Hal ini dapat disebabkan karena penggunaan APD masker yang tidak tepat dan lalai. Selain itu, penggunaan APD berupa pelindung mata dan muka juga masih sering tidak dikenakan oleh pekerja. Masih banyak pula pekerja yang menyesuaikan APD saat dilakukan observasi. Kejadian ini membuktikan bahwa banyak pekerja yang lalai atau bahkan tidak menggunakan APD di tempat kerja. Sementara itu, untuk kondisi tidak aman (unsafe condition) tertinggi ada pada struktur dan area kerja dan juga lingkungan terkait dengan kebersihan tempat tersebut. Pekerja cenderung lalai untuk membereskan peralatan dan sampah mereka dan kesadaran mereka terkait kebersihan yang masih kurang menjadi penyebab angka kebersihan di area dan lingkungan kerja masih minim.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: STOP; Behaviour Based Safety
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Atiya Thifal Rofifa, ,-NIM101511133197
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho`Im Hidayat, ,-NIDN0027115406
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Mar 2024 01:39
Last Modified: 30 Mar 2024 01:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item