Pengaruh Pemasangan Kateter Di Vena Sefalika Terhadap Penurunan Kejadian Flebitis Pada Pasien Perioperatif Di Pavilliun 12 RSK ST. Vincentius A Paulo Surabaya Penelitian Pra-Eksperiment (Static Group Comparasion)

Monika Beto Lewar, ,- (2004) Pengaruh Pemasangan Kateter Di Vena Sefalika Terhadap Penurunan Kejadian Flebitis Pada Pasien Perioperatif Di Pavilliun 12 RSK ST. Vincentius A Paulo Surabaya Penelitian Pra-Eksperiment (Static Group Comparasion). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
MONIKA BETO LEWAR PENGARUH20240308_10104035.pdf

Download (20MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Flebitis merupakan inflamasi vena yang disebabkan oleh iritasi kimia, mekanik maupun bakterial. Sebagian besar pasien perioperatif .mendapat infus hipertonis dan obat intra vena yang pekat sehingga beresiko terhadap terjadinya flebitis . Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk mencegah terjadinyaflebitis yaitu dengan pemasangan kateter di vena yang lebih besar misalnya vena sefalika. Penelitian ini bertttiuan untuk membuktikan adanya pengaruh pemasangan kateter di vena sejalika terhadap penurunan kejadian jlebitis pada pasien peri operatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen yaitu Static Group Comparation. Populasi pada penelitian ini adalah pasien perioperatif di pavilliun 12. Sampe1 yang digunakan sebanyak 30 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dengan pembagian 15 sampel sebagai kelompok perlakuan dilakukan pemasangan kateter di vena sefalika dan 15 sampel sebagai kelompok kontrol dilakukan pemasangan kateter di vena metakarpal. Tehnik pengambilan sampel secara porposive. Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Data dianalisa dengan menggunakan t~ji statistik Mann Whitney Test denganp :s_0.05. Dari analisa data hasil penelitian didapatkan p = 0.015 pada level p::; 0.05 dengan demikian disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada pengaruh pemasangan kateter di vena sefalika terhadap penurunan kejadian flebitis pada pasien perioperatif. Hasil penebtian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pemasangan kateter di vena sefalika bagi pasien perioperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flehitis, Vena Sefalika, Vena Mewkarpal
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC870-923 Diseases of the genitourinary system. Urology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Monika Beto Lewar, ,-NIM010230494 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnanto, ,-NIDN0029086803
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:36
Last Modified: 01 Apr 2024 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132914
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item