Pemanfaatan Dan Penggunaan Potensi Biji Pinang Sebagai Obat Cacing Pita Dalam Rangka Peningkatan Performan Ayam Petelur Di Kecamatan Mantub Kabupaten Lamongan

Muchammad Yunus, ,- (2024) Pemanfaatan Dan Penggunaan Potensi Biji Pinang Sebagai Obat Cacing Pita Dalam Rangka Peningkatan Performan Ayam Petelur Di Kecamatan Mantub Kabupaten Lamongan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
MUCHAMMAD YUNUS.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Lamongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi ekonomi yang memadai untuk pengembangan petemakan ayam baik ayam petelur maupun pedaging. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pengembangan petemakan ayam petelur di kabupaten Lamongan antara lain sumber daya manusia, modal usaha dan managemen kesehatan. Kendala dalam managemen kesehatan adalah penyakit yang sering menimbulkan masalah terutama dalam penurunan produksi, pembengkakan biaya produksi untuk pengobatan dan kualitas produk yang dihasilkan. Salah satu penyakit yang sering di jumpai di petemakan ayam petelur adalah cacingan. Siklus peremajaan pada ayam petelur yang berjalan cukup lama (± 1,5 - 2 tahun) menjadikan penyakit yang bersifat kronis seperti infeksi cacing seringkali menginfeksi ayam petelur. Penyakit cacingan ini biasanya bersifat kronis yang secara sepintas tidak begitu tampak efeknya, akan tetapi secara nyata bila dihitung secara seksama akan terlihat jelas kerugian yang ditimbulkan dimulai dari penurunan efisieosi penggunaan pakan karena penurunan penyerapan nutrisi akibat kerusakan mukosa usus serta penurunan performan a yam .. Sal ah satu usaha dalam menekan biaya produksi dalam program reguler pengobatan infeksi cacing dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman tradisional yang banyak tersedia disekitar kecamatan Mantub dan relative murah, yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing pita sebagai pengganti obat cacing sintesis buatan pabrik yang cukup mahal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Muchammad Yunus, ,-NIDN0029126605
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:45
Last Modified: 01 Apr 2024 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item