Hubungan Ketersediaan Peralatan Dan Pengetahuan Perawat Dengan Penerapan Universal Precaution HIV /AIDS Di Kamar Operasi IRD RSU Dr. Soetomo Surabaya Penelitian Cross Sectional Di Kamar Operasi Ird Rsu Dr. Soetomo Surabaya

Mufid, ,- (2004) Hubungan Ketersediaan Peralatan Dan Pengetahuan Perawat Dengan Penerapan Universal Precaution HIV /AIDS Di Kamar Operasi IRD RSU Dr. Soetomo Surabaya Penelitian Cross Sectional Di Kamar Operasi Ird Rsu Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
mufid20240307_10264152.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kamar operasi IRD RSV. Dr. Soetomo Surabaya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah upaya penerapan universal precaution HIV/AIDS belum optimal. Keadaan ini diduga dipengaruhi oleh ketersediaan peralatan dan pengetahuan yang masih kurang sehingga perlu meningkatkan pengetahuan dan mengupayakan ketersediaan peralatan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan ketersediaan peralatan dan pengetahuan perawat dengan penerapan universal precaution HIV/AIDS. Desain penelitian ini yang digunakan adalah desain cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Sampel yang diteliti sejumlah 47 orang perawat. Variabel independen terdiri : ketersediaan peralatan dan pengetahuan perawat, sedang variabel dependen : penerapan universal precaution HIV/AIDS. Data dikumpulkan dengan kuesioner terstruktur dan observasi kemudian dilakukan analisa statistik dengan Spearman's Rank Correlation dengan a= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan ketersediaan peralatan dan penerapan universal precaution HIV I AIDS, ada hubungan yang bermakna positif kuat (p = 0,002, r = 0,760), pengetahuan dan penerapan universal precaution HIV/AIDS, ada hubungan bermakna positif sedang (p = 0,00, r = 0,517). Dari gambaran di atas ketersediaan peralatan dan pengetahuan berhubungan dengan penerapan universal precaution HIV/AIDS. Perawat perlu terus meningkatkan pengetahuan dengan cara pelatihan, pendidikan formal, seminar, media elektronik dan mengupayakan ketersediaan peralatan sehingga dengan pengetahuan yang baik dan ketersediaan yang lengkap penerapan universal precaution HIV/AIDS dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketersediaan peralatan, pengetahuan dan penerapan universal precaution HIV/AIDS
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Mufid, ,-NIM010230464-B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, ,-NIDN0025126601
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:48
Last Modified: 01 Apr 2024 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item