RASIO SPERMATOZOA X DAN Y SAPI PERAH SETELAH PEMAPARAN SINAR ULTRA VIOLET

AHMAD WAHYUDIN, - (2005) RASIO SPERMATOZOA X DAN Y SAPI PERAH SETELAH PEMAPARAN SINAR ULTRA VIOLET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
RASIO SPERMATOZOA X DAN Y SAPI PERAH SETELAH PEMAPARAN SINAR ULTRAVIOLET -AHMAD WAHYUDIN - ABSTRAK.pdf

Download (618kB)
[img] Text
RASIO SPERMATOZOA X DAN Y SAPI PERAH SETELAH PEMAPARAN SINAR ULTRAVIOLET -AHMAD WAHYUDIN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak penyinaran sinar ultraviolet (UV) terhadap rasio spermatozoa X dan Y, motilitas dan daya hidup spermatozoa sapi perah Friesian Holstein. Bahan utama penelitian berupa semen segar sapi perah yang diperoleh dari Taman Temak Pendidikan (Teaching Farm) FKH Unair Surabaya. Bahan pengeneer yang digunakan adalah PBS Dulbeccos dengan perbandingan 1: 1. Sampel dibagi menjadi empat kelompok perlakuan, yaitu kelompok PO sebagai kontrol (tanpa penyinaran sinar UV), kelompok perlakuan I (P 1) dengan jarak penyinaran 15 em, kelompok perlakuan II (P2) dengan jarak penyinaran 20 em, dan kelompok perlakuan III (P3) denganjarak penyinaran 25 em. Penyinaran sinar UV dilakukan pada masing-masing ke1ompok perlakuan selama 5 menit. Pengamatan motilitas dilakukan seeara natif menggunakan mikroskop dengan perbesaran 400X. Pengbitungan persentase spermatowa hidup dan ukuran kepala spermatozoa dilakukan dengan membuat preparat ulas memakai zat wama eosin negrosin. Identifikasi spermatozoa X dan Y didasarkan atas ukuran (panjang kali lebar) kepala spermatozoa. Spermatozoa X adalah spermatozoa yang mempunyai ukuran kepala lebih besar atau sarna dengan ukuran kepala rata-rata dari 100 hitungan spermatozoa hidup. Spermatowa Y adalah spermatowa yang mempunyai ukuran kepala lebih kecil dari ukuran kepala rata-rata dari 100 hitungan spermatozoa hidup. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif berupa persentase spermatowa motil, persentase spermatowa hidup, dan rasio spermatozoa X dan Y. Data tersebut dianalisis dengan ANOVA satu arab menggunakan SPSS 10.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan motilitas (p<0,05) dan daya hidup spermatozoa (p<0,05) pada masing-masing kelompok perlakuan. Semakin dekat jarak penyinaran, semakin besar penurunan motilitas dan daya hidup spermatozoa. Hasil pemeriksaan ukuran kepala spermatozoa menunjukkan persentase spermatowa X lebih besar daripada spermatozoa Y, namun diantara jarak penyinaran (kelompok perlakuan I, II, dan III) tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>O,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SPERMATOZOA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD WAHYUDIN, -NIM060012726
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHerry Agoes Hermadi, -NIDN0023085904
UNSPECIFIEDSri Mulyati,, -NIDN0006116105
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 02 Apr 2024 00:49
Last Modified: 02 Apr 2024 00:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item