Hubungan Kematangan Emosi dan Penyesuaian Diri Perempuan yang Baru Menikah Dini (Studi: Di Desa Kembang, Kec. Tlogosari, Kab. Bondowoso)

Damayanti, Volita (2024) Hubungan Kematangan Emosi dan Penyesuaian Diri Perempuan yang Baru Menikah Dini (Studi: Di Desa Kembang, Kec. Tlogosari, Kab. Bondowoso). Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
artikel penelitian skripsi.pdf

Download (307kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pernikahan dini menjadi fenomena yang masif di Indonesia khususnya di Kabupaten Bondowoso. Pernikahan ini memberikan dampak bagi individu itu sendiri, keluarga, dan kehidupan sosial mereka sehingga menimbulkan banyak masalah dalam pernikahan. Oleh karena itu, penyesuaian yang baik diperlukan dalam pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kematangan emosi dan penyesuaian diri pada perempuan yang baru menikah dini di Desa Kembang, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso. Partisipan penelitian ini berjumlah 40 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kematangan emosi milik Fadhila (2021) berdasarkan teori Walgito (2017) yang terdiri dari 26 item dan kuesioner penyesuaian diri milik Mariyani (2018) berdasarkan teori Schneiders (1955) yang terdiri dari 34 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada perempuan yang baru menikah dini. Artinya, semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi pula penyesuaian diri mereka dalam pernikahan.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: kematangan emosi, penyesuaian diri, pernikahan dini, remaja perempuan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Damayanti, Volita112011133184
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSurjaningrum, Endang Retno0022027102
Depositing User: Volita Damayanti
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:44
Last Modified: 19 Apr 2024 01:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132976
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item