Winda Nur Hamidah, - (2024) Peran Religiusitas Terhadap Regulasi Emosi (Strategi Cognitive Reappraisal Dan Expressive Suppression) Siswa SMA Berbasis Agama Di Surabaya. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Penelitian_Winda Nur Hamidah.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran religiusitas dalam regulasi emosi siswa SMA yang berbasis agama "X" di Surabaya, khususnya dalam konteks penggunaan strategi cognitive reappraisal dan expressive suprression. Regulasi emosi merupakan proses penting dalam lingkup Pendidikan karena siswa menghadapi berbagai tantangan emosional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Responden adalah siswa SMA "X" di Surabaya. Alat pengumpulan data berupan Emotion Regulation Questionnaire oleh Gross (2003) dan Centrality of Religiosity Scale oleh Huber (2012). Teknik statistik yang digunakan adalah regresi sederhana. Dari hasil analisis ditemukan bahwa terdapat peran antara religiusitas terhadap masing-masing strategi regulasi emosi pada siswa SMA berbasis agama “X” Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas berperan secara positif sebesar 28,4% dengan nilai sig 0,001<0,005. Sebaliknya, religiusitas berperan negatif terhadap strategi expressive suppression sebesar 5,7% dengan nilai sig 0,004<0,005. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang keterkaitan antara religiusitas, dan regulasi emosi dalam konteks pendidikan berbasis agama.
Item Type: | Thesis (Artikel Ilmiah) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, strategi regulasi emosi, cognitive reappraisal, expressive suppression, siswa SMA berbasis agama | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Winda Nur Hamidah | ||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2024 02:03 | ||||||
Last Modified: | 19 Apr 2024 02:03 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132986 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |