Peran Religiusitas Terhadap Regulasi Emosi (Strategi Cognitive Reappraisal Dan Expressive Suppression) Siswa SMA Berbasis Agama Di Surabaya

Winda Nur Hamidah, - (2024) Peran Religiusitas Terhadap Regulasi Emosi (Strategi Cognitive Reappraisal Dan Expressive Suppression) Siswa SMA Berbasis Agama Di Surabaya. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Artikel Penelitian_112011133002_Winda Nur H.pdf

Download (276kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran religiusitas dalam regulasi emosi siswa SMA yang berbasis agama "X" di Surabaya, khususnya dalam konteks penggunaan strategi cognitive reappraisal dan expressive suprression. Regulasi emosi merupakan proses penting dalam lingkup Pendidikan karena siswa menghadapi berbagai tantangan emosional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Responden adalah siswa SMA "X" di Surabaya. Alat pengumpulan data berupan Emotion Regulation Questionnaire oleh Gross (2003) dan Centrality of Religiosity Scale oleh Huber (2012). Teknik statistik yang digunakan adalah regresi sederhana. Dari hasil analisis ditemukan bahwa terdapat peran antara religiusitas terhadap masing-masing strategi regulasi emosi pada siswa SMA berbasis agama “X” Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas berperan secara positif sebesar 28,4% dengan nilai sig 0,001<0,005. Sebaliknya, religiusitas berperan negatif terhadap strategi expressive suppression sebesar 5,7% dengan nilai sig 0,004<0,005. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang keterkaitan antara religiusitas, dan regulasi emosi dalam konteks pendidikan berbasis agama.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, strategi regulasi emosi, cognitive reappraisal, expressive suppression, siswa SMA berbasis agama
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Winda Nur Hamidah, -112011133002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwin Hendriani, -0002117802
Depositing User: Winda Nur Hamidah
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:47
Last Modified: 19 Apr 2024 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item