Pengaruh Organizational Learning Culture Terhadap Innovative Work Behavior Dengan Creative Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderator Pada Karyawan Startup

AUDY ATIRA PRAMONO, '- (2024) Pengaruh Organizational Learning Culture Terhadap Innovative Work Behavior Dengan Creative Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderator Pada Karyawan Startup. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah_Audy Atira Pramono_104.pdf

Download (230kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/

Abstract

Perusahaan startup yang sedang merintis saat ini berlomba-lomba untuk dapat terus bertahan dan bersaing dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan startup yang terpaksa harus tutup karena kurang bisa bersaing dalam pasar bisnis akibat tidak mampu berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari organizational learning culture terhadap innovative work behaviour pada karyawan startup, dengan dimoderatori oleh creative self-efficacy. Penelitian ini berbentuk survei dilakukan dengan melibatkan 109 karyawan yang bekerja di satu perusahaan startup yang bergerak dibidang freight forwarder dan sudah bekerja selama minimal satu tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuisioner elekronik yang berisikan alat ukur berupa Dimensions of Learning Organization Questionnaire, Innovative Work Behavior Scale, dan Creative Self-Efficacy Scale. Analisis data menggunakan uji moderasi sederhana melalui PROCESS by Hayes menunjukan bahwa organizational learning culture tidak berpengaruh secara signifikan terhadap innovative work behavior namun pada penelitian ini ditemukan bahwa creative self-efficacy berpengaruh terhadap innovative work behavior. Selain itu, creative self-efficacy ditemukan dapat menjadi variabel moderator yang akan memperkuat (enhancing) pengaruh dari organizational learning culture terhadap innovative work behavior. Temuan ini dapat memberikan kontribusi kepada organisasi untuk meningkatkan creative self-efficacy yang dimiliki oleh karyawan agar proses pembelajaran yang terjadi di dalam perusahaan bisa lebih efektif untuk memunculkan innovative work behavior.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Budaya Belajar Organisasi, Perilaku Kerja Inovatif, Efikasi Diri Kreatif, Karyawan Rintisan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
AUDY ATIRA PRAMONO, '-111911133104
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorREZA LIDIA SARI, '-0017109001
Depositing User: audy atira pramono
Date Deposited: 02 May 2024 03:15
Last Modified: 02 May 2024 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/133072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item