Putu Vidyastitha Wiguna, '-
(2024)
Hubungan antara Boredom dengan Cyberslacking.
-.
pp. 1-8.
(Unpublished)
|
Text (Artikel Ilmiah)
111911133170_Putu Vidyastitha_Hubungan Boredom dengan Cyberslacking.pdf
Download (384kB)
|
Abstract
Peningkatan kemampuan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet ternyata
menimbulkan fenomena bahwa pelajar banyak menggunakan gawai selama kegiatan perkuliahan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan kegiatan perkuliahan yang sedang diikui. Fenomena ini disebut sebagai cyberslacking. Penyebab terbanyak yang pelajar dari melakukan cyberslacking adalah boredom. Boredom merupakan perasaan tidak menyenangkan pada kegiatan pembelajaran yang sedang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
boredom dengan cyberslacking. Penelitian ini menggunakan metode survei dan mendapatkan partisipan sebanyak 284 partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur cyberslacking akademik dan precursors to boredom scales. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pearson's correlation dibantu dengan software jamovi for macOS versi 2.3.28. Hasil
uji korelasi dengan pearson's correlation mendapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara boredom dengan cyberslacking (r(284=0.247 df[282]; p<.001). Hasil tersebut berarti semakin tinggi pelajar merasakan boredom, maka akan semakin tinggi pula tindakan pelajar
untuk melakukan cyberslacking.
Actions (login required)
|
View Item |