Gambaran Resiliensi pada Laki-laki Feminin yang Pernah Mengalami Bullying

Abdullah Zaidan, - (2024) Gambaran Resiliensi pada Laki-laki Feminin yang Pernah Mengalami Bullying. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
ARTIKEL JURNAL_ABDULLAH ZAIDAN.pdf

Download (251kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tekanan dan bullying pada laki-laki feminin dapat mengakibatkan keterpurukan. Namun, terdapat laki-laki feminin yang dapat mencapai resiliensi dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran resiliensi pada diri mereka serta faktor-faktor yang mempengaruhi pola resiliensinya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang laki-laki feminin berusia 19-22 tahun yang pernah mengalami bullying tradisional. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam semi-terstruktur. Hasil penelitian menemukan bahwa para partisipan mengalami bullying karena ekspresi femininnya. Mereka mengalami dampak-dampak yang mempengaruhi perkembangan psikososialnya. Situasi sulit yang dialami dijadikan pembelajaran oleh para partisipan sehingga mereka dapat mengetahui langkah untuk melewati suatu masalah dan menggunakan sumber daya yang dapat membantu mereka untuk keluar dari tekanan emosional serta mengembangkan resiliensi. Pola resiliensi pada ketiga partisipan bervariasi karena pengalaman, cara mengatasi dan mengurangi masalah, serta sumber daya yang berbeda antar partisipan. Ketiganya berhasil bertahan dan beradaptasi dengan tekanan dari bullying serta bangkit dari keterpurukan.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: bullying, laki-laki feminin, resiliensi, feminine man, resilience
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Abdullah Zaidan, -112011133062
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, -0022066702
Depositing User: Abdullah Zaidan
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:07
Last Modified: 25 Jun 2024 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/133430
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item