Perbedaan Prokrastinasi Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi Ditinjau dari Tingkat Stress Akademik

Syakira Nurul Fajri, - (2024) Perbedaan Prokrastinasi Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi Ditinjau dari Tingkat Stress Akademik. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Syakira Nurul Fajri _ REPOSITORY.pdf

Download (747kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi merupakan syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Pengerjaan dan beban skripsi yang berat membuat mahasiswa rawan untuk merasakan stress akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pada tingkat prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi jika ditinjau dari tingkat stress akademik. Pada penelitian ini terdapat 105 partisipan yang terdiri dari mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi lebih dari satu semester. Alat ukur yang digunakan adalah Tuckman’s Procrastination Scale (TPS) dan Lakaev Academic Stress Response Scale (LASRS-2). Data dianalisis menggunakan uji ANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan prokrastinasi yang signfikan pada tingkatan stress akademik sangat tinggi, tinggi dan stress akademik ringan. Dengan kata lain, tendensi mahasiswa untuk prokrastinasi lebih tinggi ketika stress akademik yang dirasakan juga tinggi serta ketika pengerjaan skripsi berlangsung lebih dari tiga semester.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, skripsi, prokrastinasi, stress akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Syakira Nurul Fajri, -111711133119
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAtika Dian Ariana, -0004038302
Depositing User: syakira nurul fajri
Date Deposited: 10 Jul 2024 00:57
Last Modified: 10 Jul 2024 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/133599
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item