PENGEMBANGAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS CARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA & KEPUASAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT NU SINA GRESIK

SUSILO HARIANTO, - (2015) PENGEMBANGAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS CARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA & KEPUASAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT NU SINA GRESIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
28 PENGEMBANGAN MODEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Introduksi: Saat ini masih banyak keluhan yang dirasakan oleh pengguna pelayanan keperawatan baik di rumah sakit maupun di tempat pelayanan keperawatan lainnya. Bentuk keluhan tersebut adalah pemyataan ketidakpuasan terhadap pelayanan keperawatan yang diteriroa. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi model asuhan keperawatan berbasis caring sebagai upaya peningkatan kinerja & kepuasan perawat di Rumah Sakit Ibnu Sina Gresik. Metode: Desain penelitian ini ada 2 tahap yaitu pertama yang digunakan adalah ekspJanatif dan kedua yang digmakan quasy experiment (eksperiroen semu) dengan "Pre-post test control group design".Populasinya adalah semua perawat di Rumah Sakit Daerah Ibnu Sina Kabupaten Oresik yang berjumlah 92 orang, dengan sampel sebanyak 76 orang. Tehnik sampling tahap pertama cluster random sampling dan yang kedua total sampling. Analisis yang digunakan PLS (Partial Least Square dan untuk mengetahui pengaruh penerapan asuhan keperawatan berbasis caring menggunakan Uji non parametrik Wilcoxon sign rank test dan Mann Withney HasH dan Analisis: Hasil penelitian menujukkan bahwa kinerja perawat dalam asuhan keperawatan berbasis caring dipengaruhi oleh faktor organisasi dengan t. test 5.709, faktor psikologis t test 3.620 dan faktor pekerjaan t.test 3.092. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model asuhan keperawatan berbasis caring dengan kepuasan perawat pada kebutuhan rasa aman (p=O.015), kasih sayang (p=0.038), barga diri (p=0.031) dan aktualisasi diri (p=O.028) tetapi tidak pada kebutuhan fisiologis (p=0.625) Kesimpulan: Kinerja dan kepuasan perawat pada penerapan asuhan keperawatan berbasis caring meningkat. Model asuhan keperawatan berbasis caring ini dapat diterapkan baik di institusi rumah sakit maupun institusi pendidikan dalam upaya mengenalkan secara dini kepada perawat dan calon perawat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: NURSING CARE
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
SUSILO HARIANTO, -NIM131314153020
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNursalam, -NIDN0025126601
UNSPECIFIEDMira Triharini, -NIDN0024047905
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:13
Last Modified: 16 Oct 2024 06:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item