.METODE PEMBELAJARAN KLINIK BERBASIS MENTORSHIP TERHADAP MOTIVASI DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI RSUD SIDOARJO

IKA SUBAIlTANTI, - (2017) .METODE PEMBELAJARAN KLINIK BERBASIS MENTORSHIP TERHADAP MOTIVASI DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI RSUD SIDOARJO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
9. METODE PEMBELAJARAN KLINIK BERBASIS MENTORSHIP.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pembelajaran klinik merupakan perwujudan penjabaran pelaksanaan pendidikan keperawatan. Pelaksanaan pembelajaran klinik di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus. Mentorship salah satu metode pembelajaran klinik keperawatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mendorong belajar secara mandiri dan membantu mencapai target kompetensi. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap motivasi dan pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah di RSUD Sidoarjo. Jenis penelitian Pre-Experiment dengan one group pretest-posttest design. Populasi adalah pembimbing klinik (mentor) departemen keperawatan medikal bedah, mahasiswa program pendidikan Ners (mentee) yang melaksanakan praktik klinik keperawatan medikal bedah. Responden dipilih dengan consecutive sampling. Sampel adalah 6 mentor dan 24 mentee. Variabel independen adalah metode pembelajaran klinik berbasis mentorship dan variabel dependen adalah motivasi dan pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah. Instrumen penelitian SAP, modul, lembar kuesioner dan check list. Analisis statistik menggunakan uj i Wilcoxon Signed Rank Test dengan a=0,05. Sebagian besar mentor memiliki peran yang baik pada supporting (66,7%). Ada pengaruh yang baik metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap motivasi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah di RSUD Sidoarjo (P value = 0,000, P<u). Ada pengaruh yang baik metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah di RSUD Sidoaijo (P value= 0,000, P<u). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada sub bagian pendidikan dan pem:litian RSUD Siduarju untuk mdakukan penyegaran infurmasi bagi pembimbing klinik tentang metode pembelajaran klinik berbasis mentorship sehingga bisa menerapkannya sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan kualitas pembimbingan klinik kepada mahasiswa serta meningkatkan peran yang baik sebagai pembimbing klinik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: MENTORSHIP, CLINICAL LEARNING METHOD, MOTIVATION, STUDENT COMPETENCE
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
IKA SUBAIlTANTI, -NIM13141415J019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDKusnanto, -NIDN0029086803
UNSPECIFIEDYuni Sufyanti Arief, -NIDN0006067802
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 28 Oct 2024 08:45
Last Modified: 28 Oct 2024 08:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item