SYSTEM SUPPORTIVE-EDUCATIVE PADA IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DAN KELUARGA DALAM MENURUNKAN KECEMASAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK

FATHIYA LUTHFIL YUMNI, - (2014) SYSTEM SUPPORTIVE-EDUCATIVE PADA IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DAN KELUARGA DALAM MENURUNKAN KECEMASAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
04 SYSTEM SUPPORTIVE-EDYCATIVE PADA IBU PRIMIGRAVIDA.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Ibu yang hamil pertama sering memiliki pikiran yang mengganggu sebagai reaksi kecemasan terhadap cerita yang diperoleh karena belum memiliki pengalaman bersalin. Kecemasan menghadapi persalinan juga dipengarubi oleh tingkat pengetahuan tentang persalinan. Tindakan keperawatan Supportive-Educative pada Ibn Hamil dan keluarga yang dikenal dengan bimbingan dan pengajaran ten tang dukungan dan pendidikan pada ibu hamil dan keluarga. Program ini akan membantu ibu hamil dan keluarga mencapai perilaku yang adaptif dan kemandirian dalam menjalani kehamilan dan persalinan. Metode: Desain dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental (pre testPost Test). Populasi dalam penelitian ini adalah ibu primigravida trimester III yang memeriksakan diri ke Poli Kandungan. Ibn diberikan kuesioner oleh peneliti tentang kecemasan dan dukungan social, yang terdiri kecemasan psikologis dan fisiologis serta dukungan emosional, duInmgan informasional, dukungan instrumental, dan dukungan penilaian. Data kemudiandianalisis menggunakan nji Mann Whitney U test, hipotesis diterima jika p<O,05. HasH: Hasil analisis pada perbedaan kecemasan dan dukungan pada kelompok pedakuan p=O,009. Hasil analisis perbedaan kecemasan dan dukungan pada kelompok kontrol menunjukkan kecemasan dan dukungan post Iebih rendah dibandingkan pre dan basil p=O,0397. Perbedaan kecemasan pada kelompok kontrol dan perlakuan sebelum dan sesudah diberikan supportive-educative pada ibu primigravida trimester III dan keluarga p=O,089. Perbedaan dukungan pada kelompok Kontrol dan Perlakuan sebelum dan sesudah diberikan supportive educative pada ibu primigravida trimester III dan keluarga p=O,024. Diskusi: Dapat disimpulkan bahwa System Suportive-educative efektif menurunkan kecemasan ibu primigravida trimester III dan keluarga Berdasarkan hasil penelitian ini perlu diperimbangkan pemberian System Suportive-educative pada ibu primigravida trimester III dan keluarga dengan menggunakan media booklet sebagai intervensi pada ibu hamil untuk menurunkan kecemasan, mempersiapkan diri melaksanakan persalinan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: SUPPORTIVE-EDUCATIVE SYSTEM, THE THIRD TRIMESTER PRIMIGRAVIDA, ANXIETY
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
FATHIYA LUTHFIL YUMNI, -NIM131214153044
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDBudi Santoso, -NIDN0017026307
UNSPECIFIEDMira Triharini, -NIDN0024047905
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 04 Nov 2024 01:26
Last Modified: 04 Nov 2024 01:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item