ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN PATIENT SAFETY DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT KUSTA SUMBER GLAGAH MOJOKERTO

RONI SUSANTO, - (2013) ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN PATIENT SAFETY DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT KUSTA SUMBER GLAGAH MOJOKERTO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
17 ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MUTU.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mutu pelayanan keperawatan merupakan komponen penting daIam sistem pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan keperawatan yang rendah menimbulkan dampak ketidakpuasan pelanggan. Mutu pelayanan keperawatan berhubungan dengan faktor budaya organisasi. Budaya organisasi di Rumah Sakit Kusta Sumberglagah belum pemah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan pengaruh budaya organisasi terhadap mutu peJayanan keperawatan patient safety dan kepuasan pelanggan di RS Sumberglagah Mojokerto. Desain penelitian explanatory yang dilaksanakan secara cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi dengan besar sampel penelitian ini sebesar 65 responden perawat dan 61 responden pasien. AnaIisis statistic yang digunakan adalah crosstab dengan tingkat signifikansi 5 % (a = 0,05). HasH analisis budaya organisasi clan dan market sebagian besar ruangannya memiliki patient safety yang baik, sedangkan ruang dengan kecenderungan budaya heirarchy memiliki patient safety yang cukup sebagian nilai Exact Fisher sebesar 7,095 dengan signifikansi (nilai p = 0,036). Hasil anaIisis budaya organisasi dengan kepuasan pelanggan menunjukkan budaya organisasi heirarchy sebagian besar menyatakan sangat puas, sedangkan ruang dengan kecenderungan budaya clan dan market menyatakan puas nilai Exact Fisher sebesar 7,095 dengan signifikansi (nilai p = 0,036). Hasil analisis crosstab mutu peJayanan patient safety terhadap kepuasan pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai (p = 0,464). Kesimpulan penelitian budaya organisasi berpengaruh terhadap mutu pelayanan patient safety dan kepuasan pelanggan. Tidak ada pengaruh mutu peJayanan patient safety terhadap kepuasan pelanggan. Saran ditetapkan budaya organisasi sebagai pedoman perilaku perawat di Rumah Sakit Kusta Sumberglagah. PeneJitian lanjutan perlu diJakukan dalam upaya mengeksplorasi dan mengembangkan perbedaan kinerja perawat yang mengimplementasikan budaya organisasi dengan tanpa impJementasi budaya organisasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL CULTURE, PATIENT SAFETY, CUSTOMER SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
RONI SUSANTO, -NIM131141053
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDWidodo J. Pudjirahardjo, -NIDN-
UNSPECIFIEDPurwaningsih, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:20
Last Modified: 20 Nov 2024 04:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134396
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item