Zahra, Aida Shifadhya
Peran Penyesuaian Diri Dan Peer Support Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Kedokteran.
Peran Penyesuaian Diri Dan Peer Support Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Kedokteran.
(Unpublished)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran penyesuaian diri dan dukungan teman sebaya (peer support) terhadap tingkat academic burnout pada mahasiswa tahun pertama program studi kedokteran. Partisipan penelitian berjumlah 161 mahasiswa, terdiri dari 71 laki-laki dan 90 perempuan, dengan instrumen pengukuran berupa Student Adaptation to College Questionnaire – Short Form (Liga, dkk., 2022), Peer Support Questionnaire (Alaei, dkk., 2020), serta instrumen academic burnout yang disesuaikan dalam konteks budaya Indonesia oleh Rahman (2020) berdasarkan School Burnout Inventory (Salmela-Aro, dkk., 2005). Hasil analisis menunjukkan bahwa penyesuaian diri dan peer support secara simultan memberikan kontribusi signifikan sebesar 30% terhadap variasi academic burnout dengan hubungan negatif. Secara parsial, penyesuaian diri menjelaskan 26,8% variasi, sementara peer support menjelaskan 18,7%. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kemampuan penyesuaian diri dan dukungan teman sebaya secara signifikan berperan dalam menurunkan tingkat academic burnout pada mahasiswa kedokteran tahun pertama.
Actions (login required)
|
View Item |