Najwa, Najwa
PENGARUH REGULASI EMOSI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2024.
PENGARUH REGULASI EMOSI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2024.
(Unpublished)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi interpersonal (IER) dan persepsi dukungan sosial (PSS) terhadap kemampuan adaptasi pada mahasiswa baru. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan prosedur survei. Penelitian dilakukan pada mahasiswa baru angkatan tahun 2024 yang masih tinggal bersama keluarga (tidak merantau). Alat ukur psikologi yang digunakan adalah Interpersonal Emotion Regulation Quetionnaire (IERQ) milik Hoffman, 2016 untuk mengukur IER, Multidimensional Scale of Perceived Social Support (SPSS) milik Zimet,dkk, 1988 untuk mengukur PSS, dan student adaptation to college questionnaire - Short Form (SACQ-SF) milik Liga,dkk,2021 untuk mengukur kemampuan adaptasi di perguruan tinggi. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linear berganda dengan bantuan program statistik Jamovi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan (p<0,001) dan berkorelasi secara positif, dengan rincian regulasi emosi interpersonal mampu menjelaskan 6,04% varians, persepsi dukungan sosial mampu menjelaskan 13,1% varians dan secara bersama-sama keduanya mampu menjelaskan 16,53% varians dalam adaptasi mahasiswa baru.
Actions (login required)
|
View Item |