PENGARUH REGULASI EMOSI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2024

Najwa, Najwa PENGARUH REGULASI EMOSI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2024. PENGARUH REGULASI EMOSI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2024. (Unpublished)

[img] Text
Artikel repository_Najwa_112011133135.pdf

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi interpersonal (IER) dan persepsi dukungan sosial (PSS) terhadap kemampuan adaptasi pada mahasiswa baru. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan prosedur survei. Penelitian dilakukan pada mahasiswa baru angkatan tahun 2024 yang masih tinggal bersama keluarga (tidak merantau). Alat ukur psikologi yang digunakan adalah Interpersonal Emotion Regulation Quetionnaire (IERQ) milik Hoffman, 2016 untuk mengukur IER, Multidimensional Scale of Perceived Social Support (SPSS) milik Zimet,dkk, 1988 untuk mengukur PSS, dan student adaptation to college questionnaire - Short Form (SACQ-SF) milik Liga,dkk,2021 untuk mengukur kemampuan adaptasi di perguruan tinggi. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linear berganda dengan bantuan program statistik Jamovi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan (p<0,001) dan berkorelasi secara positif, dengan rincian regulasi emosi interpersonal mampu menjelaskan 6,04% varians, persepsi dukungan sosial mampu menjelaskan 13,1% varians dan secara bersama-sama keduanya mampu menjelaskan 16,53% varians dalam adaptasi mahasiswa baru.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Najwa, Najwa112011133135
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFardana, Nur Ainy0027027203
Depositing User: Najwa Najwa
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:37
Last Modified: 23 Dec 2024 04:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item