Rosyada, Alfania Pengaruh Fondasi Moral Terhadap Perilaku Prososial di Media Sosial. UNAIR Repository. (Submitted)
Text
Naskah Artikel (LoA repository unair).pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian terdahulu terkait fondasi moral dan perilaku prososial telah beberapa kali dilakukan. Penelitian terdahulu menunjukkan beberapa ketidakkonsistenan pengaruh fondasi moral dengan perilaku prososial dan pengalokasiannya. Kebanyakan penelitian tersebut hanya menekankan objek pengalokasian perilaku prososial kepada in-group dan out-group berdasarkan batas-batas negara, agama, dan ras. Penelitian ini mencoba menghilangkan batasan tersebut dalam menentukan objek pengalokasian perilaku prososial dalam konteks di media sosial kepada in-group dan out-group dengan menyerahkan sendiri kepada partisipan penelitian dan menguji kembali pengaruh fondasi moral dengan perilaku prososial dan pengalokasiannya. Pengisisan kuesioner melibatkan sebanyak 320 partisipan penelitian. individu dengan pertimbangan moral yang berfokus pada kesejahteraan, kebenaran, keadilan, dan menghindari menyakiti orang lain (individualizing foundation) memprediksi perilaku prososial kepada in-group di media sosial. Selain itu, individu dengan pertimbangan moral yang berfokus pada institusi sosial, nilai, dan norma (binding foundation) memprediksi perilaku prososial kepada in-group di media sosial serta memprediksi frekuensi perilaku prososial (unidentified) di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengidentifikasian in-group dan out-group oleh partisipan memberikan hasil yang cukup berbeda dari penelitian sebelumnya dan tidak memberikan perbedaan antara individualizing foundation dengan binding foundation terhadap pengalokasian perilaku prososial di media sosial. Namun, frekuensi prososial dapat memberikan perbedaan antara individualizing foundation dengan binding foundation melalui konten di media sosial yang dapat memicu fondasi moral muncul.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | fondasi moral, in-group, media sosial, out-group, perilaku prososial | ||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi | ||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Alfania Rosyada | ||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:58 | ||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:58 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134596 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |