SISTEM PERJAMINAN PADA BANK TABUNGAN NEGARA DALAM MEMBERIKAN KREDIT PERUMAHAN KEPADA ANGGOTA PENSIUNAN ABRI

BUDI GUNCAHYONO, 038411926 (1988) SISTEM PERJAMINAN PADA BANK TABUNGAN NEGARA DALAM MEMBERIKAN KREDIT PERUMAHAN KEPADA ANGGOTA PENSIUNAN ABRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
BUDI GUNCAHYONO.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jika dilihat dari segi undang-undang maka oleh undang-undang telah disediakan bentuk-bentuk lembaga jaminan yaitu : borgtocht, hipotek, dan gadai serta dari praktek timbul lembaga jaminan fidusia. Tetapi dalam pada itu ternyata yang dipergunakan oleh Bank Tabungan Negara adalah lembaga jaminan borgtocht dan hipotek, karena kususnya pengikatan hipotek itulah yang dianggap paling kuat dan atau menguntungkan bagi Bank Tabungan Negara. Namun dalam pelaksanaannya pengikatan hipotek ini hanya dilaksanakan dengan kuasa memasang hipotek. Pemasangan hipotek dalam bentuk surat kuasa ini, Jika ditinjau secara yuridis, dilihat dari segi kepentingan bank raengandung resiko yang besar yaitu jika barang yang akan dijadikan jaminan hipotek terlebih dahulu berada dalam tuntutan pihak lain maka bank tidak dapat lagi memasang hipotek atas barang yang dijaminkan dalam kuasa memasang hipotek dan dengan demikian bank tetap sebagai kreditur kongkuren. Disamping itu oleh Bank Tabungan Negara dalam usaha nya melindungi atas kredit perumahan yang dilepaskannya itu telah dipergunakan bentuk-bentuk sarana perjaminan lain berupa pengikatan dana pensiun dan pengikatan perlindungan asuransi jiwa yang jika kita lihat lebih lanjut berartl merupakan suatu galian atau terobosan baru yang selama ini belum banyak dipergunakan oleh perbankan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Dag 176/88 Gun s
Uncontrolled Keywords: CREDIT; PENSIONS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV697-700.7 Families. Mothers. Widow's pensions
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
BUDI GUNCAHYONO, 038411926UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudlii Prasetya, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Jul 2013 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13531
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item