Pengaruh Psychological Capital pada Kinerja Guru SMP Negeri di Surabaya

Irfan, Muhammad Athif and Yoenanto, Nono Hery (2025) Pengaruh Psychological Capital pada Kinerja Guru SMP Negeri di Surabaya. Repository Universitas Airlangga. ISSN 2776-1851 (Unpublished)

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Artikel ilmiah)
111811133118_Artikel Ilmiah.pdf

Download (724kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psychological capital pada kinerja guru. Kinerja guru yang dimaksud adalah kemampuan guru mengajar murid-muridnya (task performance) serta kemampuan guru dalam berorganisasi di sekolah (contextual performance). Sebanyak 51 guru SMP dengan pengalaman mengajar minimal 6 bulan, serta mengajar minimal satu mata pelajaran berpartisipasi dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dan teknik accidental sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teacher Jobs Performance Scale, dan Psychological Capital Questionnaire-24. Analisis regresi linier dan uji-t dipakai untuk menjelaskan pengaruh psychological capital pada kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, namun psychological capital tidak memiliki pengaruh secara parsial ketika masing-masing dimensinya diuji.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guru, kinerja, psychological capital, sekolah menengah pertama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Irfan, Muhammad Athif111811133118
Yoenanto, Nono Hery0022066702
Depositing User: Muhammad Athif Irfan
Date Deposited: 04 Feb 2025 05:50
Last Modified: 04 Feb 2025 05:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/135580
Sosial Share:

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item